Olimpiade Tokyo 2020 Berakhir, Atlet Renang Emma McKeon Perempuan Peraih Medali Terbanyak

Anisha Saktian Putri09 Agu 2021, 10:30 WIB
Diperbarui 09 Agu 2021, 10:30 WIB
Emma McKeon jadi atlet perempuan paling banyak meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020

Fimela.com, Jakarta Olimpiade Tokyo 2020 telah usai pada Minggu (8/8/2021). Para atlet pun telah memberikan hasil terbaiknya, termasuk Emma McKeon perenang Australia yang berhasil meraih tujuh medali dengan empat medali emas. 

Emma Mckeon pun menjadi atlet perempuan yang memiliki medali terbanyak selama ajang Olimpiade Tokyo 2020, dan menepati posisi ke dua peraih medali terbanyak setelah perenang pria Caeleb Dressel asal Amerika. 

Perempuan berusia 27 tahun ini memenangkan gaya bebas 50m, estafet gaya ganti 4x100m putri pada hari terakhir kompetisi renang di Tokyo. Ia juga memenangkan dua di sprint individu dan dua estafet.  Serta memenangkan  estafet gaya ganti, renang kaki kupu-kupu mengalahakan Amerika Serikat.

Raihan tersebut menjadikannya satu-satunya perenang yang memenangkan tujuh medali di satu Olimpiade, setelah pesenam Soviet Maria Gorokhovskaya pada tahun 1952.

Selama imi American Phelps lah yang memegang rekor renang dengan delapan medali yang dimenangkan di satu Olimpiade, melakukannya di Athena 2004 dan di Beijing empat tahun kemudian.

"Saya melihat para atlet yang telah datang sebelum saya dan sangat terkesan dengan apa yang telah mereka lakukan dan terinspirasi oleh apa yang telah mereka lakukan, tetapi saya tidak pernah benar-benar melihat statistik jumlah medali," kata McKeon.

"Ini suatu kehormatan karena saya tahu saya telah bekerja sangat keras untuk itu,” ujarnya lagi.

Seorang Emma menurut sang pelatih

Michael Bohl pelatih renang mengatakan Emma merupakan perempuan muda yang sangat pendiam, hanya fokus pada kemauan dan tekadnya 

"Setelah melatih selama sekitar 33 tahun, saya telah melihat banyak atlet yang banyak bicara tetapi tidak banyak berbuat, berbeda dengan Emma yang pediam namun fokus,” kata Bohl melansir abc.net.au.

Setelah 14 tahun di St Peter's Lutheran College di Brisbane, Bohl membuat keputusan yang sangat sulit untuk memindahkan pasukan renangnya ke Kampus Gold Coast Griffith University pada tahun 2017, menjelang Commonwealth Games 2018.

McKeon pindah bersamanya dan berlatih sambil belajar untuk mendapatkan gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat.

Kemitraan mereka telah membuat McKeon menjadi atlet Olimpiade yang paling diandalkan untuk Australia, suatu prestasi yang dia capai di Tokyo ketika dia menambahkan empat emas (dua estafet dan dua individu) ditambah tiga medali perunggu, sehingga total perolehannya menjadi 11 medali yang pernah ia dapatkan selama Olimpiade. 

McKeon berpeluang menambah koleksi itu jika dia terus berlaga di Olimpiade Paris 2024.

“Dia sangat, sangat baik untuk diajak bekerja sama, di gym atau di kolam renang. Dia memberikan segalanya untuknya," kata Bohl.

"Sangat jarang melihatnya melakukan upaya setengah-setengah, jika dia sedang libur, ia tetap berlatih. Itulah dirinya yang membedakannya dari kebanyakan orang,” tutup Bohl.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓