Apa Itu Hiperendemi yang akan jadi Level Covid-19 Baru di RI?

Novi Nadya28 Agu 2021, 17:13 WIB
Diperbarui 28 Agu 2021, 20:34 WIB
New Normal

Fimela.com, Jakarta Apa itu hiperendemi? Seperti yang ditulis dalam wikipedia dalam laman CDC, dalam epidemiologi, istilah hiperendemi digunakan untuk merujuk pada penyakit yang terus menerus hadir dalam suatu populasi dengan tingkat dan atau prevalensi yang tinggi dan yang sama-sama mempengaruhi semua umur.

Defisini lainnya dari Institut Robert Koch di Jerman mengatakan, hiperendemisitas tidak selalu dikaitkan dengan tingkat kejadian yang tinggi. Penyakit hiperendemik adalah penyakit yang berada di mana-mana dengan sirkulasi yang sedang berlangsung di daerah endemik dengan tingkat prevalensi yang tinggi.

Akibatnya, suatu wilayah hiperendemik menunjukkan angka kejadian yang relatif rendah tetapi pada saat yang sama menimbulkan risiko infeksi yang tinggi bagi orang-orang yang datang ke wilayah tersebut.

Melansir dari antaranews, Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan mengatakan Indonesia berpotensi menjadi negara dengan kasus endemi Covid-19 yang relatif tinggi atau hyperendemi. Hal itu berdasarkan kondisi geografi dan demografi di Indonesia berpotensi mempengaruhi kasus Covid-19 bisa bertahan lama.

 

Perbedaan Geografi

Ia mengatakan pengendalian pandemi di berbagai wilayah di nusantara berbeda-beda. Seperti Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua masih berbeda-beda. 

"Perbedaan geografi dan demografi wilayah menyebabkan tingkat pengendalian akan berbeda-beda. Boleh jadi akan ada terus virus ini dan potensial pandemi bahkan menjadi hyperendemi," katanya.

#Elevate Women 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela