Sukses

Info

Tak Perlu Panik, Ini 4 Cara Atasi Aplikasi PeduliLindungi yang Error Ketika Scan Barcode

Fimela.com, Jakarta Saat ini, aplikasi PeduliLindungi menjadi salah satu syarat wajib yang harus dimiliki oleh masyarakat jika masyarakat ingin menikmati sarana publik, seperti melakukan perjalanan dengan menggunakan seluruh moda transportasi, kereta api, dan juga ketika berkunjung ke tempat-tempat umum seperti mal atau pusat perbelanjaan. 

Aplikasi PeduliLindungi merupakan salah satu sarana pelacakan masyarakat untuk mencegah penyebaran COVID-19. Hal ini dikarenakan lewat aplikasi ini masyarakat diminta untuk menunjukkan sertifikat vaksin dan melakukan scan barcode sebagai akses ke tempat-tempat umum. 

Namun ada kalanya, aplikasi PeduliLindungi ini error dan tidak bisa digunakan ketika kita ingin melakukan scan barcode, tidak bisa login, bahkan hingga kesalahan data yang tercantum. Padahal, aplikasi ini harus segera digunakan. 

Tak perlu panik jika aplikasi PeduliLindungi tidak bisa digunakan. Melansir dari Liputan6.com pada Selasa (14/9), terdapat empat cara untuk mengatasi hal tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pastikan Jaringan Stabil

Jika kamu tidak bisa melakukan scan barcode PeduliLindungi, bisa jadi disebabkan karena koneksi internet yang tidak stabil sehingga membuat proses pemindaian QR Code (scan barcode) melalui aplikasi jadi tidak berhasil. 

Sebagai solusinya, kamu bisa memeriksa apakan ponselmu sudah terkoneksi dengan internet dan pastikan jaringan internetnya stabil. Dengan jaringan yang kuat, aplikasi PeduliLindungi bisa digunakan dengan cepat dan tepat.

Bersihkan Data Cache

Masalah lain yang membuat aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka adalah penyimpanan ponsel yang penuh. Perlu diketahui bahwa sebuah aplikasi memerlukan ruang penyimpanan dan RAM yang cukup agar bisa beroperasi. Sehingga, jika ruang penyimpanannya penuh, aplikasi bisa tertutup sendiri atau bahkan tidak bisa dibuka. 

Untuk melegakan memori penyimpanan, cara yang bisa kamu lakukan adalah menghapus data cache. Setiap aplikasi memiliki file cache masing-masing dan membutuhkan ruang penyimpanan. 

Data cache merupakan data sementara dari aplikasi yang terpasang dan tersimpan di memori ponsel. 

Untuk menghapus data cache, kamu bisa mengunjungi pengaturan ponsel (Settings). Tak perlu khawatir, menghapus data cache aman dilakukan karena data aplikasi seperti data login, dan lainnya tidak akan terhapus. 

Dengan begitu, aplikasi PeduliLindungi bisa berjalan dengan baik.

Lakukan Pembaruan

Salah satu penyebab aplikasi PeduliLindungi error atau tidak bisa dibuka adalah aplikasi yang belum diperbarui. Memperbarui aplikasi sangat penting agar sistem bisa menyesuaikan kinerjanya, serta juga bisa menghindari bug dan meningkatkan keamanan privasi. 

Perbarui aplikasi maupun sistem operasi (OS) perangkat begitu ada update tersedia. Untuk itu, pastikan kamu rutin mengecek pembaruan software atau melakukan update aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru demi mencegah error-nya aplikasi.

Muat Ulang dan Menutup Aplikasi Background

Cara mengatasi aplikasi PeduliLindungi yang terakhir adalah melakukan muat ulang atau refresh. Jika aplikasi error, penyebabnya mungkin bisa masalah kecil seperti aplikasi yang tidak termuat ulang. 

Untuk mengatasinya, kamu bisa menutup aplikasi PeduliLindungi dan membukanya kembali.

Selain itu, banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem (background) ponsel, juga bisa membuat tidak bisa scan barcode dengan aplikasi PeduliLindungi. 

Maka dari itu, sebelum kamu scan barcode, pastikan tidak ada aplikasi lain yang berjalan di background.  

Lalu kamu juga bisa melakukan login (masuk) secara berkala. Dengan begitu, maka aplikasi akan memberikan respons secara otomatis, sehingga fitur QR Code di dalamnya akan berfungsi seperti semula. 

Demikian keempat tips untuk mengatasi error aplikasi PeduliLindungi. Selamat mencoba dan semoga membantu!

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading