Sukses

Info

5 Penyebab Baterai HP Cepat Habis, Berikut Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Baterai yang mudah habis sering menjadi permasalahan bagi setiap pengguna handphone. Sebagian besar handphone di pasar tentu menjanjikan kapasitas baterai yang besar dan tahan lama. Namun para penggunanya sering mengisi ulang baterai dalam sehari. Tak jarang banyak dari mereka juga mengeluhkan jika baterai mereka cepat habis atau bahkan berkurang jika jarang digunakan, padahal ada banyak faktor yang dapat membuat baterai cepat habis.

Handphone dengan model yang baru juga tidak selalu menjanjikan kehematan baterai. Nyatanya bahwa kapasitas baterai sendiri tidak terlalu berpengaruh terhadap borosnya atau hematnya komponen tersebut. Sebelum kamu menjalankan cara mencegah baterai yang cepat habis, lebih baik kenali mengapa baterai cepat habis.

Baterai handphone yang cepat habis juga bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti karena layar, aplikasi dan layanan dan area dengan layanan buruk. Jika kamu merasakan baterai cepat habis kamu dapat menghindari hal tersebut, berikut beberapa penyebab baterai handphone cepat habis dan cara mengatasinya:

1. Auto Brightness

Mungkin beberapa dari kalian tidak tahu, bahwa jenis fitur satu ini ternyata dapat membuat baterai cepat habis. Faktanya jika kita terlalu sering menggunakan brightness itu salah satu hal yang paling membutuhkan daya paling besar. Selain itu jika fitur brightness tidak otomatis, kita akan malas untuk mengatus brightness. Daripada baterai handphone cepat habis, lebih baik kamu mengatur brightness secara manual. Hal ini nggak ribet kok, kamu cukup membuka halaman pengaturan dan cari menu pengaturan kecerahan atau brightness.

2. Jangan biarkan HP Overheat

Kemudian salah satu penyebab baterai cepat habis adalah membiarkannya terlalu panas atau overheat. Hal ini disebabkan jika kamu tidak menggunakan handphone selama berjam-jam atau jangan membiarkan handphone terkena sinar matahari. Selain itu sinar matahari juga dapat membuat kenaikan suhu kamu menjadi lebih 70 derajat celcius. Supaya handphone kamu tidak overheat, kamu hanya perlu menggunakan applikasi yang penting-penting saja.

3. Charger Bermasalah atau Rusak

Jika kamu sedang mengalami charger yang bermasalahan atau rusak dapat menyebabkan baterai cepat habis, Ternyata baterai yang cepat habis tidak selalu disebabkan dengan performa handphone tersebut. Charger yang sudah tidak berfungsi dengan baik tentunya juga tidak berfungsi sebagaimana semestinya.

4. Google Play Services

Nah salah satu penyebab baterai habis adalah google play servis, karena  dapat memakan daya baterai cukup besar. Akan tetapi kalian tidak dapat menghapus google play services satu ini, karena applikasi tersebut sangat penting untuk perangkat bagi android. Nah cara untuk menangani masalah ini dengan mengakses menu settings > applications > all > google play services.  Kemudian kamu dapat menekan clear cache, dan daoat memperbaharui applikasi tersebut.

5. Baterai yang Usang

Jika baterai handphone kamu cepat habis bukan karena charger yang bermasalah, bisa jadi baterai handphone kamu telah using. Jika handphone kamu sudah digunakan lebih dari 3-5 tahun bisa jadi handphone kamu dapat dikatakan “berusia lanjut”, yang pasti kecepatan browsing serta kehematan baterai menurun. Kamu dapat mengganti baterai lama dengan yang baru.

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis

Di atas adalah penyebab baterai handphone cepat habis, selanjutnya di bawah ini beberapa cara mengatasi baterai yang cepat habis :

  • Atur kecerahan layar dan refresh rate
  • Jangan unduh dan install terlalu banyak applikasi
  • Matikan GPS dan Bluetooth jika tidak digunakan
  • Update sistem operasi
  • Aktifkan mode penghemat baterai
  • Hindari wilayah yang susah menangkap sinyal
  • Ganti baterai atau HP

Setelah kamu mengetahuinya kamu dapat mencari tahu mengapa baterai HP cepat habis. Namun jangan khawatir karena dapat mengatasi baterai handphone yang cepat habis dengan beberapa cara.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading