Sukses

Beauty

9 langkah membuat rambut tampak sehat dan indah

Fimela.com, Jakarta Punya rambut sehat adalah impian setiap perempuan. Sebab, rambut itu mahkota. Rambut juga berperan banyak dalam menyempurnakan penampilan seseorang. Makanya, merawat rambut itu sama pentingnya seperti merawat kulit.

Milikilah rambut yang sehat seberapapun panjangnya, apapun jenis dan warnanya. Untuk diterapkan sehari-hari, inilah 9 langkah untuk membuat rambut tampak menakjubkan seperti impian.

1. Kurangi penggunaan dry shampoo

Ya, dry shampoo mungkin memang solusi praktis untuk membuat rambut bebas lepek meski belum keramas. Sayangnya, dry shampoo berpotensi besar bikin rambut bau tak sedap! Selain itu, dry shampo juga bisa menimbulkan reaksi gatal dan bersisik pada kulit kepala.

2. Keramas secara rutin

Dry shampoo tidak bisa memberi efek bersih seperti ketika keramas sungguhan. Untuk rambut yang bebas minyak dan tetap nyaman dibawa beraktivitas, keramas secara rutin dua hari sekali tetap solusi terbaik.

3. Memilih sampo yang tepat

Tidak semua sampo cocok untuk rambutmu. Pilihlah sampo dengan formula yang paling tepat dengan kondisi dan kebutuhan. Kadang, kita malah butuh beberapa jenis sampo dan mengombinasikannya selama jadwal keramas.

 

4. Mengonsumsi protein

Kondisi rambut benar-benar cerminan dari apa yang kita makan. Protein adalah nutrisi penting bagi rambut. Ketika tubuh kekurangan protein, dampaknya akan membuat rambut rontok.

5. Pijat kepala

Siapa, sih, yang tidak suka dengan pijatan di kepala? Pijat kepala memberi sensasi nyaman nan ampuh untuk relaksasi. Selain itu, pijatan di kepala juga dapat menstimulasi kulit kepala dan memicu pertumbuhan rambut yang sehat.

6. Perlakukan rambut dengan lembut

Ini merupakan hal sepele, namun jika tidak menjadi concern dalam keseharian bisa menimbulkan dampak besar pada rambut. Contoh, ketika melepaskan ikat kunciran. Lepaslah dengan hati-hati. Selain itu, jangan biarkan rambut tumbuh terlalu panjang karena akan membuatnya terlihat dan terasa tidak sehat.

7. Rajin menyisir

Minyak pada area akar rambut dan kulit kepala bisa membuat rambut sehat, berkilau, dan lebih kuat. Namun minyak tersebut tidak bisa berjalan dengan sendirinya ke ujung rambut. Menyisir rambut adalah cara untuk membawa minyak alami rambut itu tersebar sampai ke ujung. Jadi, ujung rambut tetap sehat dan tidak kering meski kamu keramas dengan rutin. Rajin menyisir juga akan membantu proses eksfoliasi kulit mati di kulit kepala, jadi kulit kepala pun akan lebih sehat jika rajin menyisir.

8. Jaga rambut di malam hari

Bukan ketika terjaga saja rambutmu perlu dirawat, ketika tidur pun rambut butuh perlindungan. Dilansir dari Bustle, penata rambut Selebriti, Billy Lowe, menginstruksikan untuk pilih sarung bantal yang lembut. dan mengepang rambut sebelum tidur untuk mencegah kusut yang menyebabkan kerusakan.

9. Hindari hal-hal yang menyebabkan rambut rusak

Tak cuma mengetahui apa yang harus dilakukan, mengetahui apa yang tidak boleh dilakukan agar rambut tetap sehat pun sama pentingnya. Hindari rokok dan drugs, misalnya. Penggunaan bahan kimia yang keras, serta stres berlebih juga akan berdampak pada rambut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading