Dehidrasi jadi salah satu penyebab kulit wajah kering

Karla Farhana10 Okt 2018, 12:30 WIB
Kulit wajah

Fimela.com, Jakarta Kulit wajah yang kering dan kusam memang bukan hanya mengganggu penampilanmu, tetapi juga menjadi tanda soal kesehatan kulit. Ada banyak faktor yang menjadikan kulitmu kering. 

Tetapi, jangan sampai salah membedakan mana kulit kering dan dehidrasi. Tubuhmu 80 persen terbuat dari air. Karena itu, konsumsi air yang kurang bukan cuma menyebabkan kulit kering, tetapi juga kusam dan tidak sehat. 

Seperti yang dijelas dr. Armansjah Dara Sjahruddin, SpKK pada acara Grand Launching seri produk terbaru Avène seri Hydrance Aqua Cream in Gel pada Jumat (5/10) di Pondok Indah, Jakarta Selatan, kulit kering berbeda dengan kulit yang dehidrasi. 

Menurutnya, keduanya disebabkan oleh faktor berbeda. Penanganannya pun berbeda. Kulit kering disebabkan kandungan minyak atau sebum yang kurang. 

Sementara kulit dehidrasi disebabkan karena kulit menjadi kehilangan pelembab kulit alami atau biasa disebut Natural Moisturizing Factor (NMF) di lapisan epidermis kulit. Kondisi ini juga bisa disebabkan karena terlalu sering mencuci muka atau menggunakan pembersih yang terlalu keras. 

“Banyak yang mengganggap kulit kering itu sama seperti kulit dehidrasi, padahal dua hal tersebut berbeda dan penanganannya pun beda. Terlalu sering mencuci muka atau menggunakan pembersih muka yang terlalu keras dapat menyebabkan kulit menjadi dehidrasi karena kulit menjadi kehilangan pelembab kulit alami atau biasa disebut Natural Moisturizing Factor (NMF) di lapisan epidermis kulit. Salah satu contoh kulit dehidrasi yaitu tampaknya garis-garis halus dan rasa tertarik pada wajah,” jelasnya. 

Pilih skincare tepat agar kulit terhidrasi

[Fimela] Avene
Grand Launching seri produk terbaru Avène seri Hydrance Aqua Cream in Gel | Karla Farhana/Fimela.com

Kulit yang dehidrasi harus mendapatkan penanganan yang berbeda dengan kulit kering. Agar terhidrasi dengan baik, gunakan pelembab wajah yang bisa melengkapi kebutuhan kulit dehidrasi. 

Seperti Hydrance Aqua Cream In Gel dari Avene berfungsi sebagai pelembab untuk kulit normal kering sampai dehidrasi. Sahabat Fimela juga bisa memilih pelembab wajah yang mengandung Hyaluronic Acid seperti yang terdapat dalam produk tersebut. Kandungan ini akan menjaga kelembaban kulit dan memperkuat pertahanan kulit.

Lanjutkan Membaca ↓