Alasan kulit perlu perawatan berbeda di malam hari

Annissa Wulan10 Okt 2018, 19:00 WIB
Ilustrasi kecantikan

Fimela.com, Jakarta Senang melakukan perawatan kulit? Siapa yang bilang bahwa perawatan kulit itu sederhana dan mudah untuk dilakukan?

Perawatan kulit bisa mencakup 8, 9, bahkan 10 langkah. Belum lagi perawatan kulit di pagi hari akan berbeda dengan perawatan kulit di malam hari, benar?

Namun, perlukah perawatan kulit yang berbeda di malam hari? Menurut self.com, Rabu (10/10/2018), jawabannya adalah ya, perawatan kulit di malam hari memang perlu dibedakan.

Di malam hari, kulit memperbaiki dirinya sendiri, membalikkan semua kerusakan yang terjadi di pagi hari, seperti paparan sinar matahari, stres, dan polusi. Para ahli menyarankan perawatan kulit dilakukan untuk memfasilitasi proses perbaikan dan pertumbuhan kembali.

Di pagi hari, perawatan kulit yang digunakan cenderung fokus pada perlindungan. Banyak produk perawatan kulit untuk siang hari mengandung antioksidan penangkal radikal bebas, seperti vitamin C.

 

Perbedaan produk perawatan kulit di pagi dan malam hari

Perawatan kecantikan Korea
Ilustrasi perawatan kecantikan (iStockphoto)

Produk perawatan kulit untuk siang hari cenderung memiliki tekstur yang lebih ringan, seperti serum dan lotion yang bisa masuk ke dalam lapisan kulit lebih mudah. Sementara krim dan pelembap memiliki konsistensi yang lebih berat, karena berfungsi sebagai dasar kulit sebelum mengaplikasikan makeup.

Produk perawatan kulit lainnya sebaiknya diperhatikan waktu penggunaannya, seperti retinoid yang paling baik digunakan pada malam hari, ketika kulit sedang dalam fase perbaikan, untuk mempercepat proses regenerasi kulit dan mendorong pergantian sel kulit. Selain itu, ada vitamin A yang sebaiknya tidak digunakan ketika kulit akan terpapar sinar matahari.

Selain itu, ada antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan memperbaiki kulit karena stres, sehingga produk perawatan kulit ini dapat digunakan di pagi dan malam hari. Sudah memahami perbedaan antara perawatan kulit di pagi dan malam hari?

Lanjutkan Membaca ↓