Sukses

Beauty

5 masalah kulit yang dialami akibat eksfoliasi berlebih

Fimela.com, Jakarta Melakukan eksfoliasi terhadap kulit memang penting. Bahkan sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan melakukan eksfoliasi, kulit akan lebih sehat dan lembap secara alami. Sekaligus menyingkirkan sel-sel kulit mati.

Namun apa yang terjadi ketika eksfoliasi dilakukan secara berlebihan? Dikutip dari Boldsky pada Selasa (23/10/2018) eksfoliasi kulit biasa melibatkan pelembap, memijat, dan menggosok wajah. Namun jika melakukannya secara berlebihan justru akan membuat kulit bermasalah.

Ketika kulit mengalami eksfoliasi berlebih, ia akan memberikan respon. Apa saja tanda kulit mengalami eksfoliasi berlebih?

1. Wajah terlihat bengkak

Ketika kulit terkena eksfoliasi berlebih, kulit akan cenderung mengalami peradangan. Dalam hal ini, menggunakan scrub dapat membantu menghilangkan sel kulit mati. Nmaun ketika terlalu kasar menggosok wajah, ini akan merusak penghalang lipid alami pada kulit sehingga bengkak.

 

Tanda kulit tereksfoliasi berlebihan

2. Kulit wajah nampak berkilau

Pernah merasa wajah menjadi begitu berkilau setelah facial di rumah? Ini bukan merupakan pertanda baik karena wajah kehilangan hasil alaminya. Lulur sering mengandung retinol dan asam yang berbahaya bagi kulit.

3. Jerawat

Menggosok wajah berlebihan bisa menyebabkan jerawat yang mengarah pada warna kulit yang tidak merata. Selain itu, eksfoliasi berlebih akan menghilangkan minyak alami pada kulit yang membuatnya rentan terhadap komedo dan jerawat.

4. Kulit terkelupas

Ketika kulit digosok terlalu keras, ia akan cenderung menjadi sensitif setelah beberapa waktu. Ketika hal ini terjadi, kulit akan cenderung kehilangan kemampuannya untuk menahan air dari dalam yang membuat kulit terkelupas.

5. Gatal

Kulit sensitif akan mengalami iritasi jika menggunakan pelembap. Saat menggosok kulit secara belebihan, kulit epidermis bisa terganggu yang menyebabkan kehilangan pelindungnya. Sehingga menyebabkan kulit gatal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading