Ingin miliki kulit cantik impian? Awali dengan perlindungan barrier kulit

Arisa Mukharliza26 Okt 2018, 08:30 WIB
FIMELA Beauty: Menjaga barrier kulit / Image: Shutterstock

Fimela.com, Jakarta Barrier kulit. Masalah kulit wajah ini sebelumnya sudah pernah FIMELA bahas. Namun, kami mengulang kembali untuk membahasnya. Mengingat masalah kulit ini sangat rentan terjadi pada wajah perempuan di negara tropis. 

Sahabat FIMELA, pernah mendengar kulit memiliki kadar air yang diproduksi sendiri oleh tubuh? Nah, barrier kulit ini lah tempatnya. Tubuh memiliki kadar air alami sekitar kurang lebih 60%. 

Masalah barrier kulit ini sangat rentan dialami oleh kita perempuan yang tinggal di negara tropis. Tentu, banyak faktor yang mempengaruhi. Berikut penjelasan tentang barrier kulit,--seperti yang telah FIMELA bahas sebelumnya. Semoga bermanfaat! 

 

 

 

1. Apa itu barrier kulit?

Di dunia kecantikan, barrier kulit dikenal sebagai moisture barrier atau stratum corneum. Atau, biasa disebut sebagai skin barrier dan lipid barrier. Dalam bahasa Indonesia, barrier kulit disebut lapisan kulit terluar. 

Pernah mendengar jika kulit kita memiliki kadar air yang diproduksi oleh tubuh sendiri? Nah, barrier kulit ini lah tempatnya. Kurang lebih 60%, tubuh kita telah memiliki kadar air secara alami. 

2. Apa fungsi barrier kulit?

Banyak sekali. Artinya, barrier kulit memiliki peran yang sangat penting untuk perlindungan kulit dari berbagai macam faktor yang memicu kerusakan pada lapisan kulit terluar kita. Misal, sinar UVA dan UVB, debu, polusi, bahan kimia, bakteri.

3. Apa yang terjadi jika barrier kulit kita rusak?

Kulit akan mudah menerima pengaruh negatif dari sinar UV, debu, polusi, dan bakteri. Akibatnya, kulit akan mengalami kerusakan yang ditimbulkan dari masalah kulit, seperti: kemerahan, terbakar, gatal-gatal, jerawat, dan aging.

4. Apa penyebab barrier kulit kita rusak?

Faktor eksternal, karena paparan negatif sinar UV. Ketika kulit tidak dilindungi dengan maksimal;--hal sederhana, kita malas menggunakan sunscreen, dengan mudah lapisan kulit perlahan-demi-perlahan akan terkikis dan menipis. Kulit pun akan mudah kehilangan kadar air alaminya. Untuk sunscreen, try our new suggested product: SNP (Shining Nature Purity): Go beyond sun protection, UV Perfect Anti-Pollution for skin protection from urban dust, UV Perfect Brightening Tone up Sun to light up your skin dan UV Perfect Air Cool Sun Gel to cool your skin down. 

Faktor internal, karena kebiasan "asal" menggunakan skincare. Entah itu karena penasaran ingin mencoba banyak skincare yang sedang "tren", atau tidak menggunakan skincaresesuai kebutuhan kulit, atau menggunakan skincare secara berlebih seperti: melakukan eksfoliasi kulit terlalu sering. Last but not least, pola hidup yang tidak sehat (merokok, alkohol, dan kurang mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan air putih). 

View this post on Instagram

여름휴가 피서지에서 선케어는 필수! - 미세먼지까지 차단하는 안티폴루션 선스틱 - 깨끗한 안색을 연출하고 싶다면 브라이트닝 톤업선 - 빨갛게 익는 얼굴엔 가볍고 쿨~한 에어쿨 선 젤 여러분은 어떤 게 좋으세요?? . Go beyond sun protection with SNP! - UV Perfect Anti-Pollution for skin protection from urban dust - UV Perfect Brightening Tone up Sun to light up your skin - UV Perfect Air Cool Sun Gel to cool your skin down . Which one is your favorite? . . #피서지선크림추천 #SNP선크림 #uv퍼펙트_안티폴루션선스틱 #미세먼지차단 #uv퍼펙트에어쿨선젤 #쿨링선젤 #uv퍼펙트_브라이트닝톤업선 #보송톤업 #화이트닝 #sunblock #snp_sunscreen #uvperfectsunblock #kbeauty #snpcosmetics

A post shared by SNP (에스엔피) 공식계정 (@snp.korea) on

5. Apa yang harus kita lakukan jika barrier kulit rusak?

Hindari menggunakan skincare yang bersifat agresif. Ketika barrier kulit terganggu, kulit butuh waktu untuk kembali tenang. Skincare agresif itu seperti, yang bekerja sebagai anti-aging, eksfoliasi dan mencerahkan. Sebaiknya, lakukan puasa skincare. Artinya, kulit tetap membutuhkan asupan skincare, namun berikan fokus pada menjaga kelembapan kulit. Gunakan skincare yang bersifat antioksidan, soothing, dan healing. 

6. Untuk barrier kulit yang sedang terganggu, jenis skincare apa yang paling dibutuhkan?

Pelembap kulit. Berikan kulit asupan nutrisi yang bersumber dari pelembap di pagi dan malam hari. Untuk kulit yang mudah sensitif, hindari pelembap yang mengandung retinol. Formula skincare ini juga bersifat agresif, karena mendorong kulit untuk melakukan regenerasi sel kulit. Untuk tambahan, kita dapat menggunakan face mist untuk extra hydaration.

Try our suggested face mist from The Body Shop: 

- Rose Dewy Glow Face Mist: Untuk kulit terlihat glowing. 

- Mint Mattifying: untuk meminimalisir minyak di wajah.

- Mandarin Energising Face Mist: Kulit kusam dan lelah.

Strawberry Smoothing: Untuk kulit yang terlihat halus.

7. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan elastisitas barrier kulit yang rusak?

Normalnya, membutuhkan waktu minimal 1 minggu untuk kembali barrier kulit kembali normal. Untuk hasil terbaik dan cepat, lengkapi puasa skincare dengan olahraga (sebagai detox tubuh; memancing keringat keluar), konsumsi makanan sehat (sayuran hijau dan buah-buahan), tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, tidur minimal 6 jam.

Lanjutkan Membaca ↓