Selain faktor hormonal, ini penyebab wajah berminyak saat bangun tidur

Arisa Mukharliza30 Okt 2018, 15:00 WIB
FIMELA Beauty: Kulit Wajah Berminyak / Image: FIMELA.com

Fimela.com, Jakarta Kulit wajah berminyak saat bangun tidur, itu memang tidak nyaman. Pasalnya, sebelum tidur kita sudah menggunakan skincare sesuai tipe wajah. Berharap di pagi hari kulit terlihat segar dan sehat. Tapi, minyak di wajah mengapa tetap muncul ya? It's super weird? Ya. Tim beauty FIMELA pun pernah mengalami masalah kulit ini.

 

Apa penyebab wajah berminyak di pagi hari?

Banyak faktor penyebab wajah berminyak saat kita bangun tidur. Jika kita sudah disiplin menggunakan skincare sesuai kebutuhan kulit di malam hari, sederhananya, wajah berminyak bisa disebabkan oleh hormonal. Pengaruhnya bisa dari makanan yang kita konsumsi, atau tubuh yang kurang istirahat, dan juga stres. 

Selain faktor hormonal, wajah berminyak di pagi hari pun dapat disebabkan oleh hal lainnya. Apa saja? 

 

Malas membersihkan wajah sebelum tidur

Kebiasaan malas membersihkan wajah sebelum tidur menjadi penyebab utama munculnya minyak di wajah. Meskipun kita berada di dalam ruangan tertutup dan bersuhu dingin (AC), namun kulit tetap akan bereaksi, seperti sistem kerja produksi minyak yang aktif, bahkan bisa memicu munculnya jerawat.

Skincare yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulit

Tipe kulit kita tentu berbeda jenisnya. Untuk tipe kulit berminyak, disarankan untuk menggunakan skincare yang mampu memberi kelembaban. Hindari skincare yang memiliki formula untuk memberi hidrasi pada kulit. Jenis skincare yang memiliki formula hidrasi pada kulit lebih dibutuhkan oleh tipe kulit kering.

Gunakan skincare sesuai urutan

Kondisi wajah berminyak saat bangun tidur, biasanya lebih sering dialami oleh tipe kulit yang memang berminyak. Jika yakin sudah menggunakan skincare sesuai tipe kulit, namun belum memberikan hasil terbaik untuk kulit wajahmu, bisa jadi cara pemakaian skincare salah. Untuk hasil maksimal, ikuti aturan skincare malam hari ini: cleanser – toner – essence – serum – night cream.

Lanjutkan Membaca ↓