7 Kesalahan dalam mengaplikasikan makeup yang menyebabkan jerawat

fitriandiani31 Okt 2018, 12:00 WIB
5 Kesalahan dalam mengaplikasikan makeup yang menyebabkan jerawat

Fimela.com, Jakarta Makeup memang mampu meningkatkan rasa percaya diri, termasuk saat wajah sedang berjerawat. Menutupi jerawat dengan foundation, concealer dan produk makeup lainnya memang mudah, sayangnya, hal tersebut menimbulkan masalah baru.

Perlu teliti dan hati-hati dalam mengaplikasikan makeup di wajah yang berjerawat. Jangan sampai kamu tak sadar telah melakukan kebiasaan buruk yang memperparah kondisi jerawatmu. Contohnya seperti lima hal di bawah ini;

1. Tidak mengaplikasikan makeup di wajah yang bersih

Meski kamu yakin sebelumnya tidak menggunakan produk apapun di wajah, jangan pernah absen membersihkannya sebelum mengaplikasikan makeup. Membersihkan wajah akan mencegah bertumpuknya minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori, ditambah lagi dengan makeup, dan pada akhirnya menimbulkan jerawat.

2. Tidak membersihkan alat makeup secara teratur

Brush dan sponge yang digunakan untuk mengaplikasikan makeup bisa jadi sarang bakteri penyebab jerawat. Bersihkanlah peralatan makeup-mu paling tidak seminggu sekali. Khusus sponge, cucilah dengan sabun dan air panas.

 

3. Tidak menyimpan brush dengan posisi tepat

5 Kesalahan dalam mengaplikasikan makeup yang menyebabkan jerawat
Makeup yang semestinya mempercantik bisa jadi penyebab nomor satu timbulnya jerawat di wajah. (Foto: unsplash.com)

Percuma dibersihkan dengan rutin kalau setelahnya peralatan makeupmu tidak disimpan dengan benar. Brush harus diletakkan terpisah dengan makeup dan di tempat yang kering.

4. Mengaplikasikan makeup dengan jari

Tanpa mencuci tangan tepat sebelum memakai jarimu untuk mengaplikaskan makeup, jangan pernah lakukan karena itu bisa memindahkan bakteri dari tangan ke wajah, yang mana bisa memicu timbulnya jerawat.

5. Menutup jerawat dengan foundation terlalu banyak

Menutupi bagian berjerawat dengan foundation tebal hanya akan membuat makeup tampak cakey. Mentupinya dengan makeup tebal juga akan memperlambat proses penyembuhan sebab untuk sembuh, kulit butuh bernapas.

 

6. Sharing makeup dengan orang lain

5 Kesalahan dalam mengaplikasikan makeup yang menyebabkan jerawat
Makeup yang semestinya mempercantik bisa jadi penyebab nomor satu timbulnya jerawat di wajah. (Foto: unsplash.com)

Mengguakan makeup dan alat makeup yang sama dengan orang lain sama artinya dengan berbagi bakteri, yang dapat membuat kulit iritasi dan menimbulkan jerawat.

7. Tidak membersihkannya dengan tuntas

Tak peduli seberapa lelah, membersihkan makeup sampai tuntas itu wajib. Meninggalkan makeup di wajah begitu saja akan membuat pori-pori tersumbat, memperbanyak produksi sebum, dan berakhir pada timbulnya jerawat.

Lanjutkan Membaca ↓