7 Cara Hindari Kulit Wajah Kusam Saat Musim Hujan

Arisa Mukharliza18 Nov 2018, 10:00 WIB
7 Cara Hindari Kulit Wajah Kusam Saat Musim Hujan / Image: Unsplash

Fimela.com, Jakarta Memasuki Minggu kedua November, hujan semakin sering turun nih, sahabat FIMELA. Perubahan udara pun turut kita alami. Di pagi hari udara terasa panas, lalu menjelang sore hari udara terasa dingin. Uhm, situasi udara yang tidak bersahabat seperti ini, turut mempengaruhi kondisi kulit wajah juga lho. 

Kulit kusam, kering, dan bisa saja bersisik, adalah masalah wajah yang sering ditemukan ketika musim hujan tiba. Artinya, sebelum itu terjadi pada kulit wajah, kita harus segera menyiapkan amunisi nih, sahabat FIMELA. Ada 7 cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kulit agar tetap sehat, dan kelembapannya pun terjaga. Scroll down! 

7 Cara Hindari Kulit Wajah Kusam Saat Musim Hujan / Image: Unsplash
7 Cara Hindari Kulit Wajah Kusam Saat Musim Hujan / Image: Unsplash

1. Use a gentle cleanser

Kulit yang bersih adalah sebuah kewajiban. Gunakan pembersih wajah yang lembut dan memiliki pH seimbang.

2. Tone! tone! tone!  

Jangan pernah lewatkan penggunakan toner saat musim hujan tiba. Toner pun menjadi salah satu amunisi untuk menjaga pH kulit agar tetap seimbang. 

3. Eye cream, please!

Area kulit bawah mata adalah titik dimana kulit paling sering terlihat kusam dan kering. Lindungi kelembapan kulit area mata dengan eye cream. Gunakan eye cream, minimal 2x sehari ya. Yaitu, pagi dan malam hari. 

4. Pick the right moisturizer 

Malas menggunakan pelembap karena memberi kesan lengket di wajah? Hindari kebiasaan itu ketika musim hujan. Kulit membutuhkan asupan nutrisi lebih dan itu bisa kita dapatkan dari pelembap. 

5. Drink your water, regularly! 

Terdengar sepele, namun disiplin mengonsumsi air mineral minimal 8 gelas /hari untuk tubuh, mampu menghidari kulit dengan baik. Kulit yang terhidrasi akan tampak kenyal dan lembap. 

6. Extra treatment at the end of the week

Berikan kelembapan ekstra di akhir pekan dengan masker yang diperkaya dengan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh kulit. Untuk hasil optimal, kita bisa sesuaikan kebutuhan masker dengan tipe kulit atau skin goals yang diharapkan. Misal, ingin kulit lebih cerah dan lembap, kita bisa menggunakan masker yang mengandung kolagen atau vitamin E dan C. 

7. Eat your rainbow

Selain menggunakan skincare dan mengonsumsi air mineral, tambahan makan sehat seperti buah-buahan dan sayuran setiap hari turut membantu melembapkan kulit. Selain kaya akan vitamin, buah-buahan dan sayuran pun mengandung aktioksidan yang dibutuhkan oleh kulit agar terjaga kesehatannya.