Sukses

Beauty

Manfaat Makan Ikan Untuk Kesehatan Tanpa Takut Gemuk

Menu diet kaya asupan ikan adalah sebuah ide jenius yang memang harus terus dipraktekkan. Menu-menu seperti ikan sarden, salmon, dan lain sebagainya tampaknya menjadi jawaban di dunia modern yang mampu membantu seseorang memaksimalkan kesehatannya.

Hingga saat ini manfaat kesehatan ikan sudah bisa diterima secara universal. Tak dapat ditolak bahwa bagaimanapun, ikan memang punya banyak manfaat dan gizi yang pantas untuk dijadikan menu utama bersanding dengan menu lainnya.

Apa sih yang sebenarnya membuat ikan jadi menu yang sehat?

Jawaban pertanyaan tersebut memang tidak akan sesederhana itu. Banyak ilmuwan bahkan hingga hari ini masih terus mencari manfaat dan meneliti apa saja kelebihan yang dimiliki ikan sehingga dapat membantu memaksimalkan kesehatan. Uniknya, bahkan semua bagian ikan memiliki manfaatnya tersendiri. Mulai dari sisiknya, kepalanya, ekornya, bahkan hingga minyak yang dihasilkannya.

Dilansir Boldsky.com, inilah manfaat ikan bagi kesehatan kita.

Mencegah penyakit kardiovaskuler

Asam lemak omega 3 adalah istilah yang sering didengarkan, dan menjadi salah satu kandungan terbaik dalam ikan. Asam lemak omega 3 baik untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan trigliserida, mengurangi pembekuan darah dan mengurangi kemungkinan penyakit jantung. Inilah mengapa sejak dini, anak-anak harus diperkenalkan pada menu masakan ikan.

Mencegah kanker

Terbukti bahwa kehadiran ikan dalam menu diet dapat membantu seseorang terhindar dari penyakit kanker. Menu rendah lemak ini diyakini dapat mengurangi resiko berbagai jenis kanker seperti ovarium , payudara , mulut , usus besar, prostat , dan yang berhubungan dengan kerongkongan.

Meningkatkan fungsi otak

Sudah tahu kenapa saat masih kecil Anda diminta minum minyak ikan? Kalau Anda tak suka rasanya, Anda tetap bisa menikmati khasiatnya. Minyak ikan dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Dan minyak ikan terbaik dapat ditemukan dalam ikan mackerel, tuna, sarden, tiram, ikan haring dan salmon.

Kandungan tiroid dan yodium

Tak banyak orang suka akan kepala ikan, padahal manfaatnya cukup banyak. Kepala ikan bermanfaat untuk mengatasi kekurangan zat tiroid dan yodium. Selanjutnya, ia akan melepaskan gelatin yang sangat membantu menjaga sistem pencernaan dengan baik.

Mencegah depresi

Salah satu kondisi yang saat ini sering dialami oleh banyak orang adalah ketika menderita stres hingga depresi. Tekanan pekerjaan serta masalah yang ditemui sehari-hari menyebabkan depresi yang bisa berbahaya dan sangat berpengaruh terhadap banyak aspek kesehatan.

Namun penelitian menemukan bahwa mereka yang secara teratur mengonsumsi ikan dapat terhindar dari depresi, dan aneka penyakit lain yang sempat disebutkan di atas. Tentunya, cara mengolahnya juga harus sehat dan tidak banyak melibatkan lemak.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading