Sukses

Beauty

4 Cara Mendapatkan Lebih Banyak Udara Segar untuk Kurangi Stres

Apa cara termudah untuk menjaga kesehatan mental, kesehatan fisik, dan merasa lebih bahagia? Luangkan waktu untuk mendapatkan lebih banyak udara segar. Tapi bagaimana caranya bisa mendapatkan lebih banyak udara segar, apalagi di tengah kesibukan dan aktivitas yang padat ini?

Dilansir dari prevention.com, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar bisa mendapatkan lebih banyak udara segar. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

    Miliki Hobi Berkebun

    Anda bisa mengajak anak-anak atau anggota keluarga lain untuk sama-sama berkebun. Lakukan aktivitas berkebun yang mudah saja terlebih dahulu seperti menanam tomat atau cabai. Kegiatan ini akan "memaksa" kita untuk beraktivitas di luar ruangan. Dan ternyata sebuah penelitian yang melibatkan 647 anak sekolah dasar memperlihatkan bahwa anak-anak yang berkebun bisa mendapatkan nilai uji akademik 12 persen lebih tinggi daripada anak-anak yang tak berkebun.

    Buat Jadwal Bermain di Luar Ruangan

    National Wildlife Federation menyarankan setiap orang tua untuk membuat "green hour" atau semacam jam bermain di luar ruangan untuk anak-anak mereka. Bisa dimulai dengan melakukan satu aktivitas di luar ruangan yang dilakukan di akhir pekan. Bisa dengan main di taman bermain. Berpiknik di halaman rumah. Atau sekadar jalan-jalan keliling kompleks dengan hewan peliharaan.

    Membuat Dapur Terbuka

    Memasak di ruang terbuka bersama keluarga akan menghadirkan suasana baru untuk Anda dan keluarga. Pada hari libur, di hari yang cerah, cobalah untuk memasak di ruang terbuka. Kegiatan ini bisa menjadi salah satu teknik relaksasi dan meredakan stres Anda setelah melakukan aktivitas padat selama berhari-hari. Akan sangat menyenangkan jika dapur Anda memang dikonsep menjadi dapur terbuka di mana Anda bisa memasak sekaligus mendapatkan paparan sinar matahari pagi.

    Olahraga di Alam Terbuka

    Mendaki bukit. Mendaki gunung. Atau sekadar jalan-jalan di taman kota pada pagi hari. Berada dekat dengan alam terbuka bisa mengurangi stres, mempercepat proses penyembuhan, memunculkan kreativitas, dan meningkatkan harapan hidup. Sebuah penelitian di Swedia pada tahun 2003 memperlihatkan bahwa orang-orang yang lari di taman bisa merasa 15 persen lebih segar daripada orang-orang yang lari di treadmill atau jalanan pinggir kota.



Mendapatkan udara segar dan bersih memang sangat penting untuk menjaga kesehatan pikiran dan tubuh kita. Apabila Anda sering menghabiskan waktu di dalam ruangan, misalnya bekerja di kantor, usahakan untuk setidaknya melakukan aktivitas di luar ruangan sekali setiap minggunya. Ajak juga anggota keluarga lain agar bisa sama-sama mendapatkan manfaat positif dari mendapatkan udara segar di alam terbuka.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading