Sukses

Beauty

5 Obat Alami Terbaik Saat Sakit Tenggorokan (Tanpa Harus ke Dokter)

Sakit tenggorokan bisa jadi sangat mengganggu. Berawal dengan rasa gatal di tenggorokan yang mengganggu dan berlanjut dengan rasa sakit yang sangat saat menelan makanan atau minuman (arrgh!). Sakit tenggorokan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti infeksi virus, infeksi bakteri, alergi, atau bahkan tegangan otot yang terjadi di tenggorokan.

However, meski sangat menyakitkan. Anda tidak perlu terlalu khawatir. Asal sakit tenggorokan tersebut tidak sampai membuat Anda sampai batuk dan mengeluarkan darah, seperti dilansir dalam laman greatist.com, sakit tenggorokan tersebut bisa Anda atasi dengan obat dan cara alami berikut ini.

    Daun Sage

    Tanaman obat satu ini benar-benar multi fungsi. Sebab, daun sage telah dipercaya sejak jaman Mesir Kuno sebagai obat herbal yang dapat mengatasi berbagai penyakit ringan, termasuk sakit tenggorokan. Ini semua disebabkan karena daun sage memiliki kandungan anti-inflamasi alami yang bisa meredakan peradangan yang terjadi dalam tubuh. Cobalah untuk membuat daun sage menjadi teh, hangatnya teh juga akan membantu meredakan rasa nyeri saat sakit tenggorokan (win-win!)

    Akar Licorice

    Tidak semua yang manis itu membuat batuk! Licorice atau akar manis ini salah satunya. Akar licorice ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit dalam tubuh kita mulai dari yang ringan seperti batuk dan sakit tenggorokan, sampai yang lumayan berat seperti diabetes.

    Madu

    Pengobatan sakit tenggorokan dengan menggunakan madu telah dilakukan sejak jaman dahulu. So, jika Anda memiliki masalah dengan tenggorokan Anda yang tiba-tiba sakit dan membuat Anda kesusahan menelan makanan atau minuman, sebelum bertambah parah segeralah konsumsi madu. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dengan mencampurkannya ke dalam segelas air atau teh hangat. Yum!

    Es Krim, Popsicles (Oh, yeah!)

    Kebanyakan dari kita mungkin berpikir, bahwa mengonsumsi sesuatu yang dingin saat sakit tenggorokan akan membuat sakit tenggorokan tersebut bertambah parah. Eits, Anda salah! Sebab, ahli kesehatan mengatakan bahwa mengonsumsi makanan dingin atau beku dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit saat radang tenggorokan.

    Istirahat

    Tenggorokan yang tiba-tiba sakit bisa menjadi pertanda bahwa Anda kelelahan. Jika sudah demikian, obat yang paling ampuh untuk memulihkan kembali kondisi tenggorokan Anda seperti sedia kala adalah dengan mengambil istirahat yang cukup.  Let your body come back from whatever infection it is fighting, and you can get back to being your best self.

Nah, itulah beberapa solusi alami untuk mengatasi sakit tenggorokan. Semoga bermanfaat!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading