Sukses

Beauty

Mudah Terganggu Dengan Suara Berisik Orang Makan di Dekatmu? Tandanya Kamu Orang Kreatif!

Ladies, masihkah kamu ingat dengan jingle sebuah iklan dengan pesan, "Makan jangan bersuara?". Memang, sebagai masyarakat yang menjunjung adat ketimuran, orang yang makannya berisik dianggap tidak sopan. Bagi beberapa orang yang punya pendengaran tajam, orang-orang yang makannya berisik adalah 'musuh' besar karena dianggap mengganggu. Hihihi. Kamu termasuk yang mana? Kalau kamu termasuk yang mudah terganggu oleh suara berisik orang makan di sekitarmu, selamat! Kamu adalah orang yang kreatif. Lho kok bisa?

Dilansir oleh lifehack.org, orang yang mudah terusik oleh suara di sekitarnya secara medis disebut misophonia. Peneliti dari Northwestern University menemukan bahwa mereka yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap suara tertentu ternyata lebih kreatif daripada yang tidak. Penelitian dilakukan terhadap 100 orang yang dihadapkan pada beberapa kasus terkait suara bising. Para partisipan diminta untuk melengkapi kuisioner bernama Creative Achievement Questionnaire.

Hasilnya mengejutkan. Darya Zabelina, ketua peneliti menjelaskan, "Kecenderungan sensorik otak untuk menyaring informasi terjadi di bawah alam sadar. Dalam pengolahannya di otak, hal ini dapat membantu orang menyatukan ide-ide yang ada di luar fokus perhatiannya, yang mengarah ke kreativitas di dunia nyata." Menariknya, para peneliti ini juga melihat kebiasaan para orang-orang dengan intelektual tinggi seperti Charles Darwin, Anton Chekhov dan novelis Marcel Proust untuk membandingkan dengan temuan mereka. Banyak dari orang-orang kreatif ini sangat sensitif terhadap suara bising. Bahkan Proust menutup celah-celah di kamar tidurnya dengan gabus untuk menghalangi suara masuk saat ia bekerja.

Hmm, menarik bukan, Ladies? So, jika setelah ini kamu merasa terganggung dengan suara temanmu yang asyik mencucup mie kuah, jangan risau lagi ya. Just take a deep breath and remind yourself that you're more creative :D

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading