Sukses

Beauty

Selalu Cek Media Sosial Sepanjang Hari Bisa Perburuk Kualitas Tidur

Susah tidur saat malam hari atau tidak bisa tidur nyenyak saat malam? Bisa saja hal ini terjadi karena kamu masih belum bisa lepas dari gadget kamu. Masak sih seperti itu? Yap, dikutip dari laman metro.co.uk, sekedar melihat atau memainkan gadget sepanjang hari adalah salah satu hal yang akan mengganggu kualitas tidur. Bukan hanya itu saja, check gadget sepanjang hari juga dipercaya bisa menurunkan konsentrasi dan ketenangan hati seseorang.

Para peneliti dari University of Pittsburgh baru-baru ini telah meneliti 1.788 orang dewasa berusia 19 sampai 32 tahun mengenai kualitas tidur dan kebiasaan mereka yang tak bisa lepas dari gadget. Dari 1.788 orang yang diteliti, ditemukan bahwa mereka yang tidak bisa terlepas dari gadget untuk melihat atau berkomunikasi melalui facebook, twitter, path, instagram dan sosial media lainnya akan memiliki kualitas tidur yang sangat buruk.

Photo: Copyright metro.co.uk

Mereka yang terbiasa membuka facebook, twitter, path dan sejenisnya dikatakan lebih susah untuk tidur dibandingkan dengan mereka yang tidak terlalu peduli dengan sosial medianya. Mereka yang terbiasa membuka facebook tak hanya kesulitan dalam menutup mata saat malam, saat mereka telah tertidur, mereka bahkan akan lebih sering terbangun. Tidur mereka dikatakan juga tak nyenyak. Tidak jarang, mereka juga akan lebih rentan mendapat mimpi buruk saat tidur.

Dr. Jessica Levenson, seorang peneliti mengatakan,

"Membuka sosial media sepanjang waktu akan memungkinkan seseorang mendapat kualitas tidur yang sangat buruk. Tak hanya berpengaruh pada kualitas tidur, tidak bisa lepas dari gadget saat tidur juga memungkinkan seseorang menjadi lebih mudah terserang berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan jantung. Mereka juga rentan mengalami penurunan daya ingat dan melemahnya kemampuan berpikir."


Sementara itu, Dr. Brian Primack mengatakan bahwa,
"Kesulitan tidur dapat disebabkan oleh aktivitas penggunaan gadget yang berlebihan. Layar cerah gadget akan berpengaruh buruk bagi otak, mata serta pikiran. Terlebih lagi, jika gadget ini mendorong seseorang untuk terus membuka dan mengaktifkan sosial media mereka. Penggunaan gadget yang berlebih akan berpengaruh buruk pada kemampuan serta kualitas tidur."


Nah Ladies, jika kamu ingin memiliki kualitas tidur yang baik, usahakan untuk menghentikan aktifitas kamu di sosial media. Sangat baik jika di saat malam atau saat kamu istirahat (tidur), kamu mematikan gadget kamu. Selain bisa bantu menciptakan kualitas tidur yang baik, tidak menggunakan gadget berlebih juga akan bantu kamu mencegah diri dari segala risiko penyakit berbahaya akibat dampak negatif radiasi gadget. Semoga informasi ini bermanfaat ya?

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading