Aduh, Cuci Wajah Terlalu Sering Bikin Jerawat Makin Parah

Fimela18 Agu 2016, 13:55 WIB
Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Setiap orang pasti ingin memiliki wajah yang bersih, halus dan bebas dari berbagai masalah seperti halnya komedo maupun jerawat. Dan untuk dapatkan wajah yang bersih, satu hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mencuci wajah. Ya, mencuci wajah akan membuat wajah terlihat makin bersih, halus dan segar. Apalagi, jika mencuci wajah ini dilakukan dengan memanfaatkan sabun cuci wajah.

Meski mencuci wajah adalah suatu hal yang sangat baik dan bisa bikin wajah menjadi bersih lagi segar, mencuci wajah dengan sabun cuci terlalu sering justru dikatakan sangat tidak baik lho Ladies. Beberapa ahli kesehatan dan kecantikan kulit mengungkapkan bahwa mencuci wajah terlalu sering memakai sabun cuci justru akan membuat wajah mengalami komedo dan jerawat lebih parah. Menyedihkan lagi, mencuci wajah terlalu sering menggunakan sabun cuci wajah akan membuat kulit wajah rentan mengalami pengelupasan dan membuatnya menjadi semakin tipis.

Dikutip dari laman prevention.com, sabun cuci yang digunakan untuk mencuci wajah bisa saja menumpuk di wajah bersama sel kulit mati dan membuat keduanya menjadi pemicu munculnya komedo juga jerawat. Tak hanya itu saja, penggunaan sabun cuci yang berlebih juga memungkinkan seseorang mengalami iritasi di kulitnya.

Menurut para ahli di American Academy of Dermatology, mencuci wajah terlalu sering akan membuat jerawat bertambah lebih banyak, kondisi kulit akan semakin tipis dan masalah kulit akan semakin parah. Idealnya, seseorang mencuci wajah memakai sabun cuci wajah dua kali dalam sehari yakni pada pagi hari setelah tidur dan pada malam hari setelah memakai make up. Tapi, bagi yang punya kulit kering, disarankan untuk mencuci wajah satu kali dalam sehari menggunakan sabun cuci. Selepas mencuci wajah, diharapkan agar kita memakai pelembab wajah.

Kalau memang tak ingin kulit rusak karena terlalu sering cuci wajah memakai sabun cuci wajah, kita masih diperbolehkan mencuci wajah hanya menggunakan air bersih saja. Akan sangat baik, jika saat mencuci wajah dengan air ini kita memakai air dingin. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semua bisa dapatkan kulit wajah yang bersih, segar serta bebas dari berbagai masalah kulit.



(vem/mim)