Perlukah Cuci Muka Pagi & Malam Hari? Ini Menurut Ahli Kesehatan

Fimela30 Sep 2016, 14:00 WIB
copyright by shutterstock.com

Wajah wajib dibersihkan agar tidak kusam dan tumbuh jerawat, apalagi saat bangun tidur dan sebelum tidur. Bagaimana pun, wajah terpapar sinar matahari, polusi dan debu di sekitarmu. Seringkali orang juga akan mencuci muka lebih dulu sebelum mengaplikasikan make up.

Tapi haruskah mencuci muka berkali-kali? Karena kemungkinan membasuh dan mencuci wajah berkali-kali sebenarnya tak begitu baik untuk kulit. Seperti yang dikatakan Dr. Kally Papantoniou dari Advanced Dermatology PC, ideal mencuci wajah sehari cukup sebanyak dua kali.

Mencuci wajah pagi dan malam hari jadi waktu ideal untuk menyegarkan dan mengangkat kotoran di wajah, karena di waktu-waktu itulah wajah cukup kotor sehingga perlu dibersihkan. Menggosok wajah dengan sabun muka kemudian mengolesinya dengan pelembab atau serum akan membuat wajah jadi tampak lebih segar.

Namun bagaimana dengan mereka yang sering mencuci wajah, paling tidak 3 kali sehari? Dokter Kally mengatakan bahwa itu sebenarnya tak perlu. Terlalu sering mencuci wajah dengan sabun akan membuat kulit kering dan kaku.

Tapi bukan berarti mencuci wajah lebih dari dua kali sehari itu buruk. Hal ini tergantung juga dengan jenis kulit orang tersebut. Jika memang kulitnya terlalu berminyak dan mudah kotor, tidak masalah mencuci wajah lebih dari dua kali dalam sehari.

Selain terlalu sering mencuci wajah, kamu juga perlu menghindari menggunakan penggosok kulit seperti loofah atau spons pada wajah karena itu bisa mengikis kulit wajah yang tipis dan kemungkinan besar menyebabkan luka pada kulit. Jadi, selama wajah tak terasa perlu dibersihkan dan baik-baik saja, tak perlu mencuci wajah terlalu sering ladies.

(vem/feb)