Ugh, Sariawan Mengganggu? Coba Redakan dengan Cara Alami Ini

Fimela07 Apr 2017, 15:00 WIB
Foto: copyright thinkstockphotos.com

Kalau sudah kena sariawan, aduh rasanya nggak enak banget. Tiap kali menikmati makanan nggak bisa tenang. Perih dan sakit semua rasanya setiap kali mengunyah makanan. Apalagi kalau sudah kena makanan yang pedas atau asam, perihnya sungguh tak tertahankan.

Dilansir oleh livestrong.com, penyebab sariawan bisa bermacam-macam seperti salah dalam menyikat gigi, gangguan sistem kekebalan tubuh, stres, kekurangan vitamin B-12, perubahan hormon, alergi makanan, dan kejadian tak sengaja menggigit bagian dalam bibir atau mulut. Pada dasarnya ada banyak cara untuk mengatasi sariawan. Salah satunya dengan cara alami menggunakan bahan-bahan dapur. Seperti cara-cara yang berikut ini.

    Berkumur dengan Air Garam

    Ini nih cara yang paling mudah. Jadi begini, garam adalah anti septik alami. Garam diyakini bisa mempercepat proses kesembuhan sariawan dan mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan rasa nyeri. Cukup campurkan 12 sdm garam beryodium dengan setengah gelas air panas. Ketika sudah cukup hangat, berkumurlah dengan air garam selama 1 menit. Baru setelah itu, kumur dengan air putih biasa hingga rasa asinnya hilang.

    Mengoleskan Irisan Bawang Putih

    Cara yang satu ini juga tak kalah mudah, yaitu pakai irisan bawang putih. Alisin, bahan aktif dalam bawang putih, bisa berfungsi sebagai antiseptik dan memiliki kandungan anti virus dan anti bakteri. Bawang putih ini bisa mempercepat proses kesembuhan sariawan. Kamu cukup siapkan irisan bawang putih, lalu gosokkan di area yang terkena sariawan selama 1 menit, diamkan 1 jam, baru kumur-kumur dengan air bersih. Lakukan secara rutin setiap hari.

    Mengoleskan Kopi Bubuk

    Seperti yang dilansir oleh mouthulcers.org, bubuk kopi diyakini sebagai salah satu bahan yang bisa menyembuhkan sariawan. Tinggalkan oleskan bubuk kopi secukupnya ke area yang sariawan. Biarkan beberapa menit, kemudian berkumur dengan air bersih.

    Menggunakan Kunyit

    Kunyit berfungsi sebagai antiseptik alami dan mengurangi rasa perih. Campurkan 3 sdm bubuk kunyit dengan 1 sdm air hingga larut. Oleskan pasta kunyit ke area yang terkena sariawan dengan menggunakan kapas steril. Diamkan 1 hingga 2 menit, lalu kumur dengan air bersih.



Cara-cara di atas merupakan alternatif alami untuk meredakan sariawan. Hasilnya mungkin juga berbeda pada setiap orang, tergantung tingkat keparahan dan kondisi gusi atau bibir yang mengalami sariawan. Untuk penanangan terbaik, langsung berkonsultasi dengan dokter, ya Ladies.

(vem/nda)