Sukses

Beauty

Pelembap atau Sunscreen, Mana yang Harus Dipakai Terlebih Dahulu?

Fimela.com, Jakarta Pelembap dan sunscreen adalah dua benda yang wajib ada dalam rangkaian skincare harianmu. Keduanya sama-sama penting untuk diaplikasikan ke wajah, terutama di siang hari. Tapi, bagaimana urutan pengaplikasian yang tepat? Pelembap dulu kah? Atau sunscreen dulu?

Tak bisa sembarang, urutan pengaplikasian skincare di wajah akan mempengaruhi efektivitas kerja kandungannya untuk kulit. Apabila digunakan dengan urutan yang tepat, manfaatnya akan lebih terasa. Sebaliknya jika tidak, skincare pun takkan bekerja optimal.

Lalu, bagaimana urutan penggunaan yang tepat?

Joshua Zeichner, director of cosmetic and clinical research in dermatology at Mount Sinai Hospital di New York City mengatakan, "Secara umum, bahan-bahan yang bersifat menangkal zat kimia perlu diserap ke dalam kulit sehingga bisa bekerja sebagaimana mestinya." Dengan kata lain, menurutnya sunscreen harus diaplikasikan lebih dahulu.

 

Pendapat Berbeda Tentang Urutan Penggunaan Sunscreen dan Pelembap

Ahli dermatologi lain di New York, Sejal Shah, mengutarakan hal berbeda. "Ketika pelembap diaplikasikan setelah sunscreen, itu bisa mengubah sifat dari sunscreen sehingga mengubah cara sinar matahari menerpa kulitmu," kata Sajal, dilansir dari Allure. Selasa (4/12).

"Apapun yang diaplikasikan di atas sunscreen dapat membuatnya cair dan mengubah keampuhannya," lanjut Sajal Shah.

Masih dari sumber yang sama, jenis sunscreen juga mempengaruhi urutan pengaplikasiannya. Suncsreen berbahan kimia bekerja dengan cara meresap ke kulit, sementara sunscreen mineral bekerja dengan cara membentuk 'benteng' di permukaan kulit.

Jadi, menurut Zeichner, jika sunscreen-mu berbahan mineral, bisa diaplikasikan paling terakhir dalam urutan skincare-mu. Sebaliknya jika berbahan kimia, baiknya digunakan pertama agar meresap di kulit dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading