5 Solusi Cerdas Atasi Jerawat di Cuaca Panas

Fimela20 Jul 2018, 14:40 WIB
Cara merawat kulit/copyright Shutterstock.com

Kulit yang terpapar matahari langsung harus dilindungi agar tidak bermasalah, apalagi masalah jerawat. Ada banyak penyebab jerawat bisa muncul, seperti dikutip teenvogue.com, salah satunya adalah cuaca panas.

Saat seperti ini bukan berarti menjadikan Anda malas untuk keluar rumah, namun dengan lima cara berikut, kamu bisa tetap beraktivitas tanpa perlu cemas jerawat akan semakin bertambah parah.

1. Hindari menyentuh wajah dengan tangan

Saat udara panas, tubuh akan secara otomatis memproduksi keringat. Saat seperti ini akan menyebabkan pori-pori wajah tersumbat dan terakumulasi menjadi sebum dan berpotensi menjadi jerawat. Hindari menyentuh wajah dengan tangan untuk menghindari penyebaran bakteri yang dapat menimbulkan jerawat di wajah.

2. Gunakan skincare yang sesuai

Pastikan untuk menggunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit dan cuaca. Saat musim panas, ada baiknya untuk memilih menggunakan skincare dengan kandungan noncomedogenic yang dapat menyumbat pori-pori Anda. Tak lupa untuk memastikan kulit tetap terhidrasi sehingga tak memproduksi minyak secara berlebih.

Ini tips mengatasi jerawat saat cuaca panas./copyright Shutterstock.com

3. Segera bersihkan wajah dan tubuh setelah olahraga

Bercengkrama sejenak setelah melakukan olahraga memang menyenangkan. Tapi keringat yang keluar dari tubuh mampu dengan cepat merangsang pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Pastikan untuk segera mandi usai berolahraga untuk mencegah kuman dan bakteri yang menyebar pada tubuh.

4. Cermat mengatasi jerawat

Saat breakout, atasi dengan mencuci wajah menggunakan benzoyl peroxide. Kandungan tersebut dapat membunuh bakteri yang dapat membuat jerawat segera hilang. Saat seperti ini hindari penggunaan skincare dengan formula keras, ubahlah dengan produk perawatan berformula lembut yang dapat menenangkan kulit.

5. Selalu gunakan sunscreen

Pastikan untuk tak lupa menggunakan sunscreen. Aplikasikan minimal 30 menit sebelum Anda keluar rumah agar formulanya dapat melindungi kulit secara optimal. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 25 yang aman bagi kulit.

Jika sudah mengikuti sekian cara di atas, kamu tak perlu lagi khawatir kulit terbakar dan timbul jerawat saat cuaca panas menyengat, ya ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)