4 Makanan Khas Jepang ini Dipercaya Bikin Panjang Umur, Wajib Coba!

Fimela12 Mei 2018, 15:00 WIB
Makanan bikin panjang umur/copyright Pexels.com/Quang Anh Ha Nguyen

Jika bicara tentang makanan, biasanya makanan enak itu nggak sehat. Sebut saja pizza, burger, mie instan dan gorengan. Sedangkan jika bicara tentang makanan sehat, biasanya tawar dan nggak enak. Tapi jika bicara tentang makanan Jepang, ada beberapa makanan enak yang nyatanya bisa memperpanjang usia lho.

Jepang sendiri memang dikenal sebagai salah satu negara dengan penduduk paling sehat dan panjang umur di dunia. Bahkan menurut DW.com, 50.000 warga Jepang berusia lebih dari 100 tahun. Seperti dikutip qraved.com, ternyata ini beberapa makanan khas Jepang yang dipercaya membuat tubuh sehat dan panjang umur.

1. Matcha
Matcha atau Japanese Green Tea sudah terkenal sebagai minuman paling sehat karena kandungan antioksidan tinggi serta beberapa nutrisi lain. Antioksidan dalam teh hijau bukan hanya bisa menangkal radikal bebas tapi juga banyak diteliti bahwa bisa mencegah penyakit berbahaya, termasuk salah satunya kanker.

2. Miso Soup
Jika pergi ke Jepang, kamu tak bisa meninggalkan Miso soup sebagai makanan khas yang banyak dijual di Jepang. Miso soup diketahui mengandung protein tinggi sehingga bisa membantu pencernaan lancar dan mendukung program diet. Bukan hanya itu, miso soup juga tinggi vitamin B yang menjadi antioksidan kuat menangkal berbagai penyakit.

Ikan dan rumput laut jadi makanan yang bikin panjang umur/copyright Pexels.com/qimono

3. Seaweed/Rumput Laut
Rumput laut diolah jadi berbagai makanan di Jepang, baik itu nori, mie, agar-agar, atau dikonsumsi begitu saja. Bukan hanya jadi sumber serat, seaweed juga rendah kalori dan jadi sumber mineral yang dibutuhkan tubuh. Rumput laut seperti sudah menjadi bagian utama makanan Jepang dan makanan sehat ini dipercaya bisa memperpanjang umur karena menjaga pencernaan sehat.

4. Ikan
Dibandingkan daging sapi yang berlemak dan berisiko tinggi kolesterol dan menyebabkan tekanan darah, ikan adalah pilihan bijak orang-orang Jepang sebagai makanan utama. Bukan hanya tinggi protein, tapi juga vitamin dan mineral serta rendah kalori dan lemak. Jadi jangan salahkan jika makanan ini juga mendukung potensi panjang umur orang-orang Jepang.

Jika kamu juga ingin memiliki umur panjang, maka jangan ragu menerapkan gaya hidup sehat dan memilih makan makanan orang Jepang di atas.

Sumber: Liputan6.com/Brilio.com

(vem/feb)