Sukses

Beauty

Jenis-jenis Puting Yang Tidak Normal

Payudara merupakan salah satu sex appeal wanita yang paling kuat dan berfungsi untuk memberikan nutrisi ASI pada buah hati. Merawatnya pun mau tidak mau menjadi suatu keharusan yang dilakukan seorang wanita secara rutin. Namun, bagaimana jika kelainan yang terjadi bukan karena perawatan yang tidak seksama, seperti inverted nipples? Ada beberapa jenis abnormality yang bisa terjadi pada puting, berikut penjelasannya menurut breastcancer.about.com.

1. Everted nipples
Mungkin bagi sebagian besar orang, tipe puting yang mengacung seperti ini normal-normal saja. Padahal, puting yang mengacung tanpa adanya rangsangan sama sekali bisa jadi lebih rentan terhadap Jogger’s nipple atau puting yang mengalami pendarahan karena infeksi. Otot silindris yang terlalu kuat pada bagian areola adalah penyebab everted nipples.

2. Inverted nipples
Beberapa wanita memang memiliki inverted nipples, atau puting yang masuk ke dalam areola, semenjak lahir. Hal ini disebabkan oleh sel kulit putting yang terjebak dalam sel areola sehingga tidak bisa ‘muncul’ secara normal, atau karena kelenjar susu yang terhubung dengan puting terlalu pendek. Meski begitu, ini bukanlah tanda bahwa Anda terkena kanker payudara, lho, ya. Dengan stimulasi yang lebih, inverted nipple bisa ‘keluar’, atau Anda juga bisa melakukan operasi plastik terhadapnya.

3. Retracted nipple
Nah, kelainan puting yang satu inilah yang bisa diidentifikasi sebagai gejala kanker payudara. Puting dengan kondisi ini tertarik sebagian bawahnya ke belakang oleh kulit payudara. Retracted nipple tidak dapat kembali ke bentuk semula meskipun mendapat stimulasi yang lebih. Sebaiknya lakukan mammogram jika Anda mengalami kondisi ini.

Oleh: Mazhi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading