Sukses

Beauty

Tips-tips Melakukan Meditasi Untuk Pemula

Meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari.

Arti definisinya, menurut id.wikipedia.org, meditasi adalah kegiatan mental terstruktur, dilakukan selama jangka waktu tertentu, untuk menganalisis, menarik kesimpulan, dan mengambil langkah-langkah lanjutan. Langkah ini termasuk cara menyikapi, menentukan tindakan atau penyelesaian masalah pribadi, hidup dan perilaku.

Berikut beberapa tips meditasi yang bisa dilakukan bagi Anda yang masih dalam tahap pemula:

1. Memulai secara perlahan
Dikutip dari tipssahabat.com, meditasi pemula yang awal berlangsung selama 3-5 menit saja. Bahkan tiga menit dapat terasa seperti waktu yang lama bila Anda pertama kali mulai bermeditasi, sehingga Anda bahkan bisa memulainya secara perlahan, jika kurang tidak jadi masalah.

2. Memahami bahwa meditasi adalah sarana mengurangi masalah dan stres
Meditasi adalah cara yang bagus untuk meningkatkan ketahanan terhadap stres. Jika Anda memiliki kecemasan, itu akan membantu mengurangi kecenderungan umum Anda terhadap overarousal fisiologis dan penegangan sistem saraf.

3. Memahami prinsip meditasi
Memahami prinsip meditasi sebagai sarana untuk mencapai titik fokus tanpa terganggu oleh apapun. Menyadari apa yang Anda pikirkan adalah dasar dari terapi meditasi ini agar sukses.

Anda tidak dapat merestrukturisasi pikiran Anda jika belum dapat mengembangkan kemampuan untuk memahami pikiran Anda sendiri.

4. Lakukan dengan cara mandiri
Berlatih secara mandiri dan pelan-pelan akan membantu Anda focus pada pikiran Anda dan bisa melakukan meditasi dengan baik. Pada awalnya memang sulit, tapi bukanberarti Anda tidak bisa melakukannya jika Anda terus mempraktikannya setioap hari.

Oleh: F’

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading