Sukses

Beauty

A-Z Obat Kanker Darah Internasional I

Perawatan leukimia membutuhkan banyak jenis obat-obatan yang mempunyai fungsi berbeda-beda. Ada obat yang menyerang sel-sel kanker, dan ada pula obat yang berfungsi untuk membangun sistem imunitas tubuh. Melansir dari medindia, net, yuk kita intip jenis-jenis obat kanker darah yang umum digunakan.

Aclarubin
Obat ini ditujukan bagi para penderita leukimia non-lymphocytic yang diberikan dalam bentuk cairan yang langsung disuntikkan ke dalam pembuluh vena. Namun, obat ini dapat menimbulkan efek samping berupa kerusakan hati, stres pada sum-sum tulang, mual, sariawan, anemia, dan kerontokan rambut.

Alemtuzumab
Alemtuzumab tergolong sebagai obat-obatan antibodi monoklonal yang bekerja dengan mengaktifkan sistem imun penderita untuk melawan sel-sel kanker darah. Obat ini juga diberikan dengan cara disuntikkan. Efek samping pemberian alemtuzumab diantaranya adalah penurunan kadar sel darah putih, anemia, demam, sakit kepala, timbulnya tremor dan rasa cemas, sesak nafas, dan diare.

Amsacrine
Merupakan agen antineoplastic, obat ini diresepkan kepada penderita leukimia lymphoma. Biasanya, pemberian obat ini dikombinasikan dengan obat-obatan lain. Seperti hanya dua jenis obat-obatan lainnya, cairan berwarna merah ini diberikan melalui suntikan.

Tidak banyak efek samping yang timbul dari pemberian Amsacrine. Obat ini hanya menimbulkan efek samping umum berupa rasa mual, lelah, kerontokan rambut, diare, infeksi, sariawan, dan semacamnya. Namun, obat ini bisa menyebabkan ketidaksuburan pada penderita atau gangguan siklus menstruasi. Amsacrine juga tidak boleh diberikan pada anak-anak dibawah usia 12 tahun.

Ladies, masih banyak lagi lho obat-obatan kanker darah lainnya. Ikuti terus, ya.

Oleh: Adienda Dewi S.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading