Sukses

Beauty

Ciri Penyakit Ginjal Yang Mengarah ke Batu Ginjal

Anda pasti pernah mendengar tentang penyakit batu ginjal bukan? Apa saja ciri penyakit ginjal tersebut? Penyakit batu ginjal memang biasanya tidak menunjukkan gejala tertentu sampai ketika batu-batu ginjal tersebut pindah ke area ureter. 

Ketika batu ginjal tetap berada di dalam ginjal, biasanya tidak akan menyebabkan rasa sakit. Namun rasa nyeri baru terasa ketika batu-batu ginjal tersebut berpindah.

Seperti yang dilansir situs mayoclinic.com, batu ginjal terbentuk ketika calcium, oxalate dan uric acid dalam ginjal mengkristal. Kristal garam inilah yang kemudian menghalangi aliran urine yang terkadang menyebabkan infeksi, kerusakan ginjal atau bahkan gagal ginjal. Ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab batu ginjal. Diantaranya adalah dehidrasi dan obesitas.

Tidak hanya itu, jika dalam sejarah keluarga anda ada yang pernah memiliki batu ginjal, maka resiko anda terkena batu ginjal akan lebih tinggi dari orang tanpa sejarah batu ginjal di keluarganya. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung sodium akan meningkatkan kadar kalsoum yang harus disaring dalam ginjal. Hal ini juga akan meningkatkan resiko penyakit ginjal.

Ada beberapa ciri penyakit ginjal yang mengarah ke batu ginjal. Beberapa diantaranya adalah rasa nyeri luar biasa di pinggang dan punggung diarea bawah iga. Rasa sakit tersebut menyebar di perut bagian bawah dan pangkal paha. Nyeri juga muncul saat buang air kecil, lebih sering buar air kecil dari biasanya, dan ada rasa ingin buang air kecil terus menerus. Terkadang gelaja ini juga disertai demam, mual dan muntah.

Oleh: Teylita A

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading