Vaginitis, Penyakit Yang Menyerang Alat Reproduksi Wanita

Fimela18 Mar 2014, 14:15 WIB

Alat reproduksi wanita merupakan organ yang sensitif. Alat reproduksi harus benar-benar dijaga kesehatannya karena kesehatan organ ini tidak hanya mempengaruhi kehidupan seksual anda saja. Salah satu penyakit yang sering menyerang alat reproduksi wanita adalah vaginitis.

Vaginitis adalah kondisi dimana terjadi peradangan pada miss V yang dapat menyebabkan rasa gatal dan nyeri di area miss V dan kadang disertai keputihan. Penyebab penyakit ini biasanya karena perubahan keseimbangan bakteri di daerah miss V atau karena adanya infeksi. Namun vaginitis juga bisa muncul karena berkurangnya hormon esterogen pada wanita karena menopause.

Vaginitis biasanya ditandai dengan keputihan yang berbau dan berwarna kebih pekat, ada rasa gatal atau nyeri iritasi di area miss V, terasa nyeri ketika anda melakukan hubungan seksual, atau ketika buang air kecil, dan terkadang muncul sedikit darah atau flek di area miss V.

Situs mayoclinic.com menyebutkan ada 4 kategori vaginitis yang paling umum. Vaginitis yang disebabkan oleh bakteri, jamur, penyakit kelamin, serta yang disebabkan oleh turunnya kadar esterogen dalam tubuh setelah menopause.

Ada berbagai kebiasaan yang dapat memicu munculnya vaginitis. Mulai dari perubahan hormon karena kehamilan, konsumsi pil KB, menopause, pemakaian celana yang terlalu ketat atau celana dalam yang lembab. Penggunaan beberapa produk wanita seperti sabun atau deodoran untuk miss V kadang juga bisa menyebabkan vaginitis karena alergi terhadap produk tersebut.

Oleh: Teylita A

(vem/ver)