Sukses

Beauty

Bukti Pseudomonas Bukan Bakteri Baik Bagi Telur Bebek

Pseudomonas aeruginosa bentuknya batang kecil dan berbulu cambuk tunggal. Ia dapat bergerak dan bersifat oksidatif. Sama dengan jenis bakteri pembusuk lainnya pseudomonas bersifat merusak, terlebih pada makanan yang banyak mengandung protein. Nah, berikut adalah bukti pseudomonas bukan bakteri baik bagi telur bebek.

Seperti dilansir dari laman telurasinmasir.wordpress.com pseudomonas aeruginosa membuat isi telur secara keseluruhan berubah warna menjadi kehijauan dengan tekstur yang encer, kuning telurnya tertutup suatu lapisan yang warnanya merah jambu keputih-putihan dan putih telurnya yang semula berwarna putih menjadi hitam. Selain perubahan warna, pseudomonas juga merubah rasa dan bau dari telur bebek. Dalam hal ini rasa telur menjadi asam dan baunya mnjadi sangat tidak enak seperti bau busuk.

Hal ini dikarenakan pseudomonas dapat memproduksi enzim yang dapat memecah unsur-unsur (protein dan lemak) dari telur bebek. Selain memproduksi enzim, ternyata bakteri ini juga memproduksi enterotoksin yang sangat berbahaya bila masuk ke dalam perut manusia. Bahaya yang dimaksud adalah adanya gangguan pada pencernaan dan resiko keracunan. Selanjutnya pseudomonas juga masuk ke dalam jaringan tubuh yang berakibat pada terjadinya infeksi pada urinatus, infeksi pada jaringan paru-paru dan infeksi pada kornea.

Dilansir dari laman anneahira.com bakteri ini tidak sebenarnya tidak mengenal penderitanya, namun seseorang yang memeliki diabetes mellitus dan pecandu narkobalah yang lebih mudah diserang karena daya antibodinya lemah sehingga tidak dapat bekerja maksimal dalam mengusir bakteri yang masuk dalam tubuh.

Oleh: Yousika Nindiana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading