Sukses

Beauty

Siapa Bilang Proteus Vulgaris Bakteri Baik Pada Telur Bebek?

Bakteri yang termasuk dalam family enterobacteriaceae ini berciri-ciri bentuk batang atau basili, tak berspora, tak berkapsul, namun berbulu cambuk (flagel petrikal). Bakteri ini sering ditemukan pada makanan berprotein, namun siapa bilang proteus vulgaris bakteri baik pada telur bebek?

Memang benar bahwa proteus terdapat pada telur bebek yang kaya akan protein itu, tapi nyatanya bakteri tersebut justru merusak telur bebek. Apalagi proteus memang memiliki bahan-bahan pembusuk seperti ammonia, hidrogen sulfida, asam lemak, aromatic oxyacid, indol dan indolacetic acid.

Dilansir dari laman hareukat-meugoe.blogspot.com ciri-ciri telur bebek yang rusak akibat bakteri proteus adalah putih telurnya pecah dan warna kuning telurnya hitam.

Bila telur tersebut termakan baik sengaja maupun tak sengaja akan menyebabkan masalah pada usus (dinding usus menebal, usus mengalami pendarahan dan dalam usus terdapat ulser-elser kecil) yang mengakibatkan penyakit seperti diare, tifus, difteri, dan kolera.

Dilansir dari laman teenagerssukses.blogspot.com infeksi ini sulit sekali disembuhkan dengan obat apapun, namun bila sudah terpaksa bisa menggunakan siprofloksasin atau sefotaksin dengan syarat harus ditambah dosisnya setiap kali pemakaian pada waktu-waktu selanjutnya

Bila penyembuhan dirasa terlalu berat sebaiknya Anda mencegahnya saja sejak awal, yaitu dengan menyimpan telur bebek pada suhu diatas 37 derajat celcius karena proteus hanya dapat tumbuh dan berkembang pada suhu dibawah 37 derajat celcius.

Oleh: Yousika Nindiana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading