Sukses

Beauty

Pseudomonas Aeruginosa, Bakteri Pembusuk Telur Bebek

Bakteri pseudomonas aeruginosa merupakan salah satu jenis bakteri pembusuk yang biasanya terdapat pada makanan berprotein seperti telur bebek. Dilansir dari laman anneahira.com pseudomonas aeruginosa, bakteri pembusuk telur bebek ini berbentuk batang kecil, dapat bergerak, berflagella polar tunggal dan bertipe metabolisme yang sifatnya oksidatif.

Cara kerja pseudomonas dalam merusak telur bebek adalah dengan memproduksi enzim tak baik. Enzim inilah yang kemudian memecah komponen protein dan lemak telur bebek. Akibatnya, seperti dilansir dari laman telurasinmasir.wordpress.com telur bebek pun akan mengalami pembusukan.

Ciri-ciri telur bebek yang busuk karena pseudomonas adalah sebagai berikut: isi telur berwarna kehijauan dan encer, kuning telur tertutupi lapisan yang berwarna merah jambu keputih-putihan, putih telur menjadi hitam, telur mengeluarkan bau busuk dan lendir serta rasanya menjadi asam.

Bila enterotoksin pada bakteri dalam telur bebek ini masuk ke dalam tubuh manusia dan mengganggu saluran pencernaan maka akan menimbulkan keracunan. Dampak selanjutnya bila bakteri terlalu jauh masuk dalam jaringan tubuh, infeksi pada urinarius, jaringan paru-paru dan kornea pun tak dapat dielakkan.

Penderita diabetes mellitus dan pecandu narkoba lebih beresiko terjangkit virus ini daripada orang yang sehat. Mengapa? Karena dalam tubuh yang sehat antibodi bekerja lebih aktif dalam mengusir bakteri. Nah untuk itu selalu jaga kesehatan dan makan makanan yang sehat ya, Ladies.

Oleh: Yousika Nindiana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading