Studi: Bentuk Folikel Rambut Jadi Penyebab Timbulnya Jerawat

Karla Farhana28 Des 2018, 12:00 WIB
[Fimela] Penyebab Jerawat

Fimela.com, Jakarta Menghilangkan jerawat pada wajah memang tidak mudah bagi sebagian perempuan. Pasalnya, meski sudah menggunakan pembersih wajah anti jerawat, masalah ini kerap timbul kembali. 

Menurut berbagai ahli dermatologi, tulis Alo Dokter, membersihkan wajah dari jerawat sebaiknya dilakukan dengan mengetahui penyebab utamanya terlebih dahulu. Karena, setiap jerawat memiliki berbagai penyebab yang berbeda-beda. 

Salah satunya, karena adanya bakteri pada kulit, sehingga menimbulkan inflamasi dan jerawat pada wajah. Namun, sebuah studi yang dilakukan National Institute for Health Research's Biomedical Research Centres menunjukkan kalau bentuk folikel rambut tertentu mennyebabkan timbulnya jerawat. 

Folikel rambut merupakan struktur kulit yang menjadi tempat rambut akan tumbuh. Nah, pada area wajah, ada banyak folikel yang menjadi tempat rambut-rambut halus tumbuh. Ternyata, menurut studi tersebut, bentuk folikel tertentu cenderung menjadi tempat tumbuhnya bakteria dan akhirnya menimbulkan inflamasi. 

 

Cara Menanggulangi Jerawat Akibat Bakteri

Ilustrasi Jerawat
Ilustrasi jerawat (dok. Pixabay.com)

Dilansir dari Bustle, bentuk folikel rambut di wajah tidak bisa diubah dan hal ini termasuk dalam masalah genetik. Namun jangan khawatir karena ada berbagai cara untuk merawat wajah dan menghilangkan jerawat yang timbul akibat bakteri. 

Salah satunya adalah dengan menggunakan obat oral dan krim yang dapat membunuh perkembangbiakan bakteri pada kulit wajah. Namun, obat tersebut harus sesuai dengan anjuran dokter.

Lanjutkan Membaca ↓