Alasan Harus Gunakan Eksfoliator Cair dalam Perawatan Kulit

Vinsensia Dianawanti16 Jan 2019, 11:30 WIB
Ilustrasi Perawatan Kulit

Fimela.com, Jakarta Menjaga performa kulit bisa dilakukan dengan perawatan kulit yang tepat. Perawatan kulit yang wajib dilakukan adalah eksfoliasi kulit dan menggunakan tabir surya.

Secara khusus disarankan untuk menggunakan eksfoliator cair dalam perawatan kulit. Eksfoliator kulit biasanya menggunakan asam untuk mengelupas sel-sel kulit mati yang menggantikan scrub kasar. Dikutip dari Purewow.com pada Rabu (16/1/2018) ada beberapa alasan mengapa wajib menggunakna eksfoliator kulit dalam perawatan kulit.

1. Melarutkan sel kulit mati

Eksfoliator cair yang mengandung asam merupakan campuran asam alfa dan beta hidroksi. Ini berfungsi untuk melarutkan sel-sel kulit mati dan meregenerasi kulit. Sehingga membuat pori-pori bersih dan cerah.

2. Mencegah penuaan

Munculnya jerawat tak jarang menimbulkan bekas yang membuat kulit menjadi nampak lebih tua. Untuk mengatasinya, bisa menggunakan eksfoliator yang mengandung asam dioat dan glikolat untuk mengontrol produksi minyak berlebih, membersihkan pori-pori tersumbat, dan membantu menghilangkan bekas jerawat.

 

Kenapa lebih baik gunakan eksfoliator cair?

Ilustrasi perawatan kulit
Ilustrasi perawatan kulit (unsplash/ Tiara Leitzman)

3. Melembapkan kulit

Biasanya kulit akan cenderung menjadi kering setelah dieksfoliasi. Untuk mengatasi kekeringan ini, bisa gunakan eksfoliator cair yang mengandung asam glikolat. Fungsinya, untuk meningkatkan pergantian sel. Karena memiliki formula yang istimewa, eksfoliator cair ini juga sifatnya melembapkan kulit.

4. Melindungi kulit dari radikal bebas

Kecantikan alami bisa didapat dengan menggunakan produk yang berbahan dasar alami pula. Seperti berbahan dasar ekstrak buah dan tanaman. Ekstrak manggis dinilai sebagai pengganti bahan kimia untuk menyingkirkan kulit mati secara perlahan. Setelah membersihkan wajah, eksfoliator dengan ekstrak manggis ini akan menciptakan perlindungan dari radikal bebas.

5. Aman bagi kulit sensitif

Bagi pemilik kulit sensitif, tentu agak sulit untuk mencari eksfoliator yang tepat. Kehadiran eksfoliator cair bisa menjadi pilihan. Terutama eksfoliator dengan kandungan BHA. Ini akan mengubah kulit yang sensitif dan iritasi menjadi lebih tenang dan bercahaya. Biasanya eksfoliator ini merupakan kombinasi dari asam salisilat dan ekstrak daun teh hijau. Sehingga mampu membersihkan kulit sembari menenangkan kulit.

Lanjutkan Membaca ↓