Coba 5 Langkah Mudah Mencuci Wajah dengan Benar

Meita Fajriana30 Jan 2019, 20:30 WIB
Kulit wajah

Fimela.com, Jakarta Mencuci wajah minimal dua kali dalam sehari merupakan langkah awal merawat kecantikan kulitmu. Wajah yang dibersihkan dengan benar akan terlihat lebih cerah dan sehat. Mencuci wajah dengan teknik yang tepat bisa menghindarkan kamu dari kemungkinan iritasi yang bisa saja terjadi dan mengganggu penampilanmu.

Jarang mencuci wajah akan menyebabkan kelebihan bakteri pada kulit sehingga menjadi penyebab munculnya jerawat. Selain itu bakteri ini juga dapat memicu munculnya seboroik dermatitis yaitu sejenis komedo di kulit wajah.

Oleh karena itu perlu bagi kamu untuk mengetahui bagaimana langkah mencuci wajah dengan benar. Bagi sahabat Fimela yang penasaran, berikut 5 langkah tepat mencuci wajah, seperti dilansir dari situs Elle pada Rabu (30/1).

1. Cuci Wajah Setiap Malam

Idealnya mencuci wajah adalah sebanyak 2 kali dalam sehari. Namun jika sulit untuk dilakukan, paling tidak cucilah wajahmu setiap malam sebelum tidur. Mencuci wajah sebelum tidur berguna untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel ketika beraktivitas di siang hari. Sehingga kulit dapat melakukan peremajaan dengan baik ketika kamu tidur.

2. Bersihkan Makeup

Makeup seperti foundation, riasan mata, dan bibir harus dibersihkan ketika kamu selesai beraktivitas. Gunakan cleanser dan makeup remover untuk memaksimalkan hasilnya. Tidak ada alasan untuk tidak membersihkan makeup kamu setiap harinya untuk mendapatkan wajah yang sehat terawat ya sahabat Fimela.

3. Mencuci Dengan 2 Bagian

Kamu dapat membagi mencuci wajah menjadi 2 bangian. Daerah pipi dapat terlebih dahulu dicuci menggunakan gentle wash. Kemudian lanjutkan dengan mencuci bagian `T` zone seperti hidung, dagu, dan kening dengan menggunakan facial scrub. Hal ini dilakukan karena daerah tertentu pada wajah memiliki masalah kulit yang berbeda-beda.

 

Cara mencuci wajah dengan benar

[Fimela] Skincare Routine
Rangkaian Perawatan Kulit Wajah | unsplash.com

4. Gunakan air panas dan dingin

Mencuci wajah bisa didahului dengan steam wajah menggunakan air panas. Kemudian cuci wajah dengan sabun pembersih dan bilas menggunakan air dingin. Ini dapat membantun membuka dan menutup pori-pori dengan mudah. Sehingga kotoran dapat terangkat hingga ke bagian dalam kulit.

5. Keringkan dengan handuk

Terakhir, tepuk-tepuk pelan handuk ke wajahmu dan lakukan dengan hati-hati. Karena kulit wajah merupakan bagian sensitif, jadi hindari mengeringkan wajah dengan mengusap secara kasar.

Lanjutkan Membaca ↓