5 Faktor Pemicu Rambut Rontok

fitriandiani11 Mar 2019, 10:30 WIB
Rambut Rontok Berlebih, Inilah 6 Penyebab Tersering (Dmitry A/Shutterstock)

Fimela.com, Jakarta Rambut rontok bisa dibilang masalah umum, tapi ada batasan kerontokan rambut yang mana jika sudah melampauinya, berarti kamu harus concern mencari penyebab serta cara mengatasinya.

Ada kalanya masalah kerontokan rambut bukan cuma karena persoalan di kulit kepala. Kerontokan rambut bisa dipicu oleh faktor di bawah ini:

1. Ketidakseimbangan hormon

Hormon yang tidak seimbang bisa menimbulkan banyak persoalan dalam tubuh, salah satunya kerontokan rambut. Ketika hormon androgen mendominasi, saat itulah rambutmu akan mengalami kerontokan.

2. Stres

Pikiran yang kalut akan membuat hormon androgen meningkat. Pada akhirnya, stres itu akan membuat rambut rontok lewat dari batas wajar.

3. Kekurangan zat besi

Zat besi atau zinc merupakan komponen penting penyusun protein rambut. Jika tubuh kekurangan zat besi, tak heran kalau rambut jadi rontok!

4. Hipotiroid/hipertiroid

Faktor pemicu rambut rontok
Faktor pemicu rambut rontok. (InezBazdar/Shutterstock)

Kelenjar tiroid membantu mengatur metabolisme tubuh dengan mengontrol produksi protein. Jika kelenjar tiroid tidak seimbang hingga menjadi hipotiroid atau hipertiroid, rambut akan merasakan dampaknya.

5. Penurunan berat badan drastis

Jika kamu sedang diet ketat untuk menurunkan berat badan, bersiaplah untuk melihat rambutmu berguguran. Ini merupakan bagian dari proses adaptasi tubuh akan nutrisi yang diterimanya.

Lanjutkan Membaca ↓