Jangan Pilih Wangi Vanila, Ini Tips Memilih Parfum untuk Musim Panas

Karla Farhana11 Mar 2019, 11:30 WIB
[Fimela] Parfume

Fimela.com, Jakarta Fashion di musim panas mungkin sangat mudah untuk dipikirkan. Pakai pakaian yang menyerap keringat dan sejuk. Tetapi, memilih parfum untuk musim panas tidak bisa asal saja. Musim panas dapat merubah komponen pada kulitmu. Sehingga, pemilihan parfum dapat berbeda dari parfum yang biasa digunakan saat musim hujan atau dingin. 

Apa lagi, jika Sahabat Fimela tinggal di daerah tropis yang memiliki humidity serupa dengan musim panas di negara Eropa. Kamu mungkin menyukai aroma parfum yang kuat dan juga manis seperti vanila.

Namun, dengan cuaca yang panas dan bercampurnya molekul parfum dengan keringat akan mengubah aroma. Bagi orang-orang yang sensitif terhadap wewangian, perubahan aroma ini dapat memuakkan. 

Selain vanila, tulis Women's Health Magazine, aroma yang sebaiknya dihindari di musim panas adalah aroma woodsy yang juga termasuk kuat. Lantas, bagaimaa memilih parfum yang tepat untuk musim panas atau daerah tropis? 

 

Citrus Notes

Ini 5 Kesalahan Pakai Parfum yang Masih Anda Lakukan Sekarang
Sering memakai parfum? Simak beberapa kesalahan yang masih sering Anda lakukan saat menyemprotkan parfum.

Hampir setiap parfum memiliki top, middle, dan base notes. Untuk area tropis atau musim panas, co-founder Atelier Cologne, Sylvie Ganter menyarankan untuk memilih citrus notes yang akan memberikan kesan segar, bersih, dan elegan. 

Kuncinya, carilah parfum yang wanginya menyegarkan, seperti buah-buahan. Seperti bitter grapefruit, lemon, atau juga white florals. 

Parfum yang Tahan Lama

Jenis parfum memang memengaruhi seberapa lama wanginya akan bertahan. Perfume dan eau de parfume akan bertahan lebih lama dari eau de toilette, body mist, dan cologne. Namun, hal ini tidak selamanya berlaku. Menurut Sylvie, sebaiknya ketahui apa base notes yang terkandung dalam parfum yang kamu pakai. 

"Base notes merupakan notes yang paling lama bertahan di kulitmu. Setelah 5-10 menit, base notes akan menyerap ke dalam kulit dan menyebarkan aroma sepanjang hari," katanya seperti dikutip dari Women's Health Magazine. 

Karena itu, pilihlah warm notes seperti vetiver, amber dan sandalwood, yang akan bertahan lama di cuaca panas dan juga tidak akan memuakkan meskipun digunakan di daerah tropis. 

Lanjutkan Membaca ↓