Bahayanya Menggunakan Produk Makeup yang Kedaluwarsa

fitriandiani12 Mar 2019, 17:00 WIB
[FIMELA] 3 Makeup Korea yang Bikin Tampak Lebih Muda

Fimela.com, Jakarta Setiap produk makeup pasti memiliki tanggal kedaluwarsa. Biasanya masa pakai tiap produk berbeda-beda, bisa tiga sampai 12 bulan tergantung jenisnya. Apakah kamu termasuk memperhatikan hal ini, Sahabat Fimela?

Baiknya, kamu benar-benar memperhatikan hal ini. Sebab masa aman pemakaian ini berpengaruh pada kualitas dan keamanannya untuk diaplikasikan.

Jangan sampai kamu keasyikan pakai makeup kedaluwarsa, bisa-bisa kulitmu terkena dampak yang tidak diinginkan!

2 of 2

Bahaya yang Ditimbulkan dari Makeup Kedaluwarsa

Mau ahli pakai eyeshadow? ini trik mudah dari para makeup artist
Sontek trik dari para makeup artist saat mengaplikasikan eyeshadow agar hasilnya sempurna. (Foto: Unsplash)

Foundation

Produk makeup yang satu ini akan langsung bersentuhan dengan kulit. Jikalau sudah lewat masa pakai yang dianjurkan tapi foundation tersebut masih digunakan, risiko yang kemungkinan kamu hadari antara lain menumpuknya komedo akibat pori-pori tersumbat, jerawat, sampai iritasi kemerahan.

Lipstik

Jika sudah tiba masa kedaluwarsanya, pelembap yang terdapat di dalamnya mungkin sudah tidak berfungsi, padahal bibirmu sangat membutuhkannya. Ditambah, bakteri sudah menumpuk. Bisa-bisa bibirmu iritasi hebat karenanya.

Maskara

Bulu mata berfungsi untuk melindungi mata dari debu dan kotoran. Jika menggunakan maskara yang kedaluwarsa, itu sama artinya dengan membiarkan segala bakteri dan kotoran menghinggapi matamu.

Bedak dan blush

Produk ini biasanya memiliki masa pakai yang lama, yakni 3-4 tahun, yang perlu diperhatikan adalah kebersihan kuas dan sponge yang telah digunakan. Baiknya kamu bersihkan sponge dan brush tiap habis pakai agar tidak jadi sarang bakteri dan menempel di bedak serta brushmu, lalu berujung berdarang di pori-pori wajah dan menyebabkan masalah serius!

Lanjutkan Membaca ↓