Asam Azelaic Ampuh Mengatasi Jerawat dan Kemerahan

Annissa Wulan30 Apr 2019, 13:00 WIB
Ilustrasi minyak esensial

Fimela.com, Jakarta Siapapun yang memiliki masalah jerawat atau rosacea pasti memahami rasa frustasi untuk mengatasinya. Namun, beberapa waktu belakangan, asam azelaic sering disebut ampuh untuk mengatasi jerawat dan kemerahan pada kulit wajah.

Asam azelaic adalah asam dicarboxylic yang disintesis oleh ragi secara alami. Menurut beberapa penelitian, asam azelaic juga dapat membantu mencerahkan kulit dan mengatasi masalah hiperpigmentasi, selain mengatasi jerawat, seperti dilansir dari self.com, Selasa (30/4/2019).

Asam ini juga dipercaya memiliki beberapa sifat anti bakteri yang berkontribusi baik untuk melawan jerawat, menenangkan, serta mencegah peradangan pada penderita rosacea. Tidak seperti beberapa obat jerawat, asam azelaic masih dianggap aman untuk digunakan selama masa kehamilan.

 

Penggunaan asam azelaic untuk kulit wajah

Ilustrasi
Ilustrasi olahan essential oil. (dok. unsplash,com/Asnida Riani)

Bagaimana cara terbaik untuk memulai perawatan kulit wajah dengan asam azelaic? Sama halnya seperti jenis asam lainnya, asam azelaic dapat menyebabkan iritasi, meskipun akan menghilang seiring waktu.

Mulailah dengan menguji tempel di bagian dalam lengan. Jika baik-baik saja dan tidak timbul reaksi iritasi pada kulit, kamu bisa mengaplikasikan asam azelaic dengan lapisan tipis di wajah, dua kali sehari, sesuai petunjuk produk.

Jika setelah menggunakan asam azelaic dan kamu mendapati beberapa reaksi negatif, segera berhenti dan konsultasi dengan ahli. Pernah atau sedang berpikiran untuk menggunakan asam azelaic?

Saksikan video menarik setelah ini

Lanjutkan Membaca ↓