Cegah Kulit Kering Saat Puasa dengan Cara Ini

Nabila Mecadinisa06 Mei 2019, 12:30 WIB
Skincare

Fimela.com, Jakarta Memasuki bulan puasa, tentu kita sudah harus membersiapkan diri agar kesehatan tetap terjaga dan bisa menjalani ibadah puasa dengan baik. Biasanya, kendala yang sering dialami saat bulan puasa adalah kulit yang menjadi kering. Padahal, kulit kering adalah kunci segalanya. Saat kulit kering, segala kemungkinan bisa saja terjadi, mulai dari kondisi kulit yang jadi lebih sensitif, mudah berminyak, dan juga kulit jadi kusam.

Kondisi kulit yang terjadi adalah hal yang wajar. Tapi bukan berarti kamu tak bisa mengatasinya, terdapat sejumlah cara yang bisa diandalkan agar kulit tetap lembap dan terhidrasi. Lalu bagaimana caranya?

Rutinitas pagi hari

1. Bersihkan wajah dengan cleanser lembut

Pada pagi hari, bersihkan wajah dengan cleanser lembut. Pilihlah jenis pembersih wajah yang dapat menghidrasi dan juga bebas dari kandungan kimia seperti alkohol dan fragrance. Hal ini harus dipatuhi, ya! karena cleanser yang tepat adalah awal dari kondisi kulit yang seimbang.

2. Pilih hydrating toner

Setelah mencuci wajah, jangan lupa untuk aplikasikan toner, hydrating toner akan mengoptimalkan hidrasi kulit sehingga lebih sehat dan optimal.

3. Pelembap

Jangan lewatkan penggunaan pelembap wajah. Hal ini sangat penting untuk menutrisi sekaligus menjaga keseimbangan pada kulitmu.

4. Sunscreen

Sebagai langkah akhir, aplikasi sunscreen sangalah penting karena mampu menjadi perisai kulit yang dapat diandalkan.

Tips merawat kulit saat puasa

Skincare/mlg
Ilustrasi pelembap wajah/copyright shutterstock

Rutinitas malam hari

1. Lakukan double cleansing

Saat malam hari, bersihkan wajah dengan ritual double cleansing. Cara ini akan mengangkat kotoran dan residu skincare secara optimal, sehingga tak ada lagi sisa kotoran yang akan mengganggu penampilan.

2. Hydrating Toner

Lagi-lagi hydrating toner akan selalu jadi andalan selama bulan puasa. Aplikasikan saat pagi dan malam hari untk mengoptimalkan kondisi kulitmu.

3. Hydrating serum

Hydrating serum berguna untuk memaksimalkan kelembapan kulit. Partikel serum mampu menargetkan langsung pada kebutuhan kulit.

4. Masker wajah

Ya, tambahkan satu langkah perawatan kulit di malam hari dengan menggunakan masker wajah. Jadi, pastikanlah untuk mengoptimalkan kondisi kulit dengan penggunaan masker wajah yang dapat melembapkan kulit secara mendalam.

5. Moisturizer

Usai aplikasi masker wajah, jangan lupa untuk mengunci semua fungsi skincare dengan pelembap agar produk tersebut mampu bekerja optimal di malam hari saat kamu tidur.

Lanjutkan Membaca ↓