Jangan Asal Pakai Karena Tren, Ini Serba Serbi dalam Menggunakan Niacinamide

Annissa Wulan14 Mei 2019, 18:30 WIB
Produk kecantikan

Fimela.com, Jakarta Niacinamide mungkin menjadi salah satu kandungan produk skincare yang sangat populer beberapa waktu belakangan. Namun, tahukah kamu serba serbi tentang niacinamide?

Dilansir dari self.com, niacinamide merupakan bentuk lain dari vitamin B3 yang banyak digunakan dalam dunia kecantikan selama beberapa dekade. Niacinamide atau nicotinamide dipercaya dapat membantu mengatasi masalah jerawat, rosacea, pigmentasi, dan kerutan.

Niacinamide dianggap ampuh mengatasi berbagai masalah kulit mungkin karena nicotinamide adenine dinucleotide dan nicotinamide adenine dinucleotide phosphate, molekul yang merupakan pusat reaksi kimia, termasuk sel kulit untuk memperbaiki kerusakan dan kembali berfungsi secara normal. Kedua molekul tersebut mendorong sel-sel kulit untuk berkembang biak, menyerap, dan menetralkan radikal bebas.

 

Serba serbi tentang Niacinamide

Tips Cantik
Ilustrasi kecantikan/copyright shutterstock

Ada juga yang berpendapat bahwa niacinamide topikal dapat meningkatkan produk ceramide, berkontribusi mengatasi keriput, garis halus, dan penghalang kelembapan kulit. Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan niacinamide untuk kesehatan kulit.

1. Pencegahan kanker kulit

Melalui beberapa penelitian, para ahli percaya bahwa niacinamide oral dapat meminimalisir risiko tinggi kanker kulit non melanoma. Untuk lebih jelasnya, coba tanyakan kepada dokter atau profesional.

2. Jerawat, rosacea, dan kondisi kulit inflamasi lainnya

Niacinamide juga bisa digunakan bagi kamu yang memiliki beberapa kondisi kulit yang ditandai oleh peradangan. Selain niacinamide topikal, oral juga terbukti dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan rosacea dan jerawat ringan hingga sedang.

Untuk kasus peradangan yang lebih parah, kamu membutuhkan retinoid atau steroid sistemik, bukan vitamin. Ada juga bukti terbatas yang menyatakan bahwa niacinamide topikal dapat membantu memperbaiki fungsi lapisan luar pelindung kulit, yang dapat menambah efek anti inflamasi.

3. Pigmentasi, garis halus, dan kerutan

Niacinamide lebih sering dipelajari dalam kombinasi dengan obat topikal lainnya, membuatnya sulit untuk mengetahui seberapa efektif jika digunakan sendiri. Vitamin C mungkin lebih efektif digunakan untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi, garis halus, dan kerutan, daripada niacinamide.

Untuk memulai perawatan kulit dengan niacinamide, mulailah membeli produk dengan kandungan tersebut dan gunakan sesuai petunjuk. Namun, sebelumnya pastikan kamu memiliki diagnosa yang tepat sebelum melakukan perawatan.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓