Panduan Perawatan Kulit Saat Olahraga, Lakukan Ini Sebelum dan Sesudah Berkeringat

Annissa Wulan28 Mei 2019, 20:30 WIB
Olahraga

Fimela.com, Jakarta Ya, olahraga memang penting dilakukan untuk kesehatan tubuh, namun bagaimana dengan kulit? Menyentuh kulit ketika kamu berkeringat saat olahraga berpotensi menyebarkan kuman dan bakteri dari kulit ke dalam pori- pori.

Faktor lainnya adalah rambut dan handuk. Jangan khawatir, dilansir dari huffpost.com, Jumat (24/5/2019), berikut ini adalah beberapa panduan perawatan kulit saat olahraga, penasaran apa yang harus dilakukan sebelum dan sesudah berkeringat?

1. Jika bisa, jangan gunakan makeup

Ketika akan olahraga, hal terbaik untuk melakukannya adalah dengan kulit wajah yang bersih dan bebas makeup. Suhu tubuh yang memanas selama olahraga akan membuka pori-pori dan membuat apa yang ada di permukaan kulit masuk.

Biarkan kulit bernapas ketika kamu olahraga. Atau jika kamu benar-benar tidak tahan untuk tidak mengenakan apapun ketika olahraga, carilah produk yang tidak akan menyumbat pori-pori atau non comedogenic pada labelnya.

2. Selalu cuci muka setelah olahraga

Penting untuk selalu membersihkan kulit wajah setelah olahraga. Ini akan menghilangkan bakteri dan residu keringat yang menumpuk selama olahraga.

Selain itu, mencuci muka akan membantu mendinginkan kulit, mencegah pecahnya pembuluh darah, dan mengembalikan suhu kulit ke tingkat normal. Setelah mencuci muka, gunakan pelembap sebelum mengaplikasikan produk makeup apapun.

 

 

Menggunakan toner dan handuk yang tepat

olahraga
ilustrasi olahraga/copyright Pexels/mentatdgt

3. Simpan toner di dalam tas olahraga

Cara lain untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih adalah toner yang mengandung bahan aktif, seperti asam salisilat atau asam glikolat. Asam salisilat dapat membantu menahan produktivitas minyak.

Aplikasikan toner di area yang memiliki minyak sebaceois, seperti dada, punggung, leher, dan wajah. Jika kamu memiliki jenis kulit sensitif, sebaiknya tanyakan kepada dokter terlebih dahulu.

4. Gunakan handuk yang tepat

Banyak tempat olahraga yang menyediakan handuk, namun pastikan kamu menggunakan yang terbaik dan bersih. Handuk yang lebih tebal lebih mungkin menjadi sarang bakteri di dalamnya.

Jangan memilih handuk yang memiliki banyak serat dan celah yang bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Cobalah handuk yang memiliki sifat antimikroba.

Menjaga rambut dari kulit wajah, tidak menyentuh kulit wajah, dan menggunakan es

olahraga
ilustrasi olahraga/Photo by Sarah Cervantes on Unsplash

5. Jauhkan rambut dari wajah

Jika kamu memiliki rambut panjang, jagalah agar tidak terkena kulit wajah selama olahraga. Cara ini dapat membantu mencegah minyak menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

6. Jangan sentuh kulit wajah

Tempat olahraga penuh dengan kuman dan keringat orang lain. Inilah mengapa penting bagimu untuk tidak menyentuh kulit wajah selama olahraga.

7. Gunakan es untuk mengurangi kemerahan setelah olahraga

Kamu mudah mengalami kemerahan setelah berkeringat? Hisaplah es.

Ya, menurut para ahli, menghisap es setelah olahraga akan membantu tubuh mengatur ulang suhu dan menghilangkan kemerahan. Masih khawatir untuk olahraga sampai sekarang?

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓