6 Trik Alami Membuat Kulit Wajah Cerah Saat Bangun Tidur

Anisha Saktian Putri16 Jun 2019, 16:00 WIB
Skincare

ringkasan

  • Tidur teratur dapat membuat kulit wajah lebih sehat
  • Posisi tidur terlentang juga dapat membuat kulit sehat alami
  • Gunakan pelembap sebelum tidur bisa membuat kulit bercahaya saat bangun tidur
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Tiap perempuan pasti melakukan banyak hal untuk membuat kulitnya tampak cerah ketika bangun di pagi hari. Mulai dari perawatan kulit menggunakan merek kecantikan ternama hingga melakukan treatment di klinik kecantikan.

Tetapi tahukah Sahabat Fimela jika rahasia terbesar kulit wajah sehat ialah sangat sederhana hanya dengan tidur teratur. Ternyata ada sedikit riset dan sains di balik konsep beauty rest.

Tidur dapat memberikan beberapa pemulihan internal - dan epidermal yang paling penting terjadi. Jika terlambat tidur akan menyebabkan kelopak mata membengkak, lingkarah bawah mata menghitam, bahkan membuat kulit pucat.

Meskipun tidak harus sepenuhnya meninggalkan rutinitas perawatan kulit. Berikut beberapa cara mudah untuk memperkuat hubungan tidur dan kulitmu untuk hasil maksimal di pagi hari, dilansir healthline.com.

1. Tidur nyenyak

Tidur malam yang nyenyak merupakan hal pertama yang dapat dilakukan untuk menjaga kulit tetap sehat. Sebab, jika kurang tidur kulit akan menua lebih cepat.

Jadi usahakan untuk tidur tujuh sampai sembilan jam setiap malam. Sebab tidur cukup akan memperbaiki aliran darah, meningkatkan kolagen, dan otot-otot di wajah menjadi rileks.

2. Cuci wajah sebelum tidur

Mencuci wajah adalah hal sederhana yang dapat dilakukan untuk kulit yang lebih sehat dan bersinar. Jadi jangan malas untuk mencuci wajahmu sebelum tidur.

3. Gunakan pelembap

Skincare wajib bagi si pemilik kulit kering
Skincare wajib bagi si pemilik kulit kering. (Foto: shutterstock)

Gunakan moisturizer dan letakan segelas air di meja sampaing tempat tidurmu.

Mencuci wajah dapat membuat kulit kering, dan saat tidur wajah akan dehidrasi. Jadi usahakan, gunakan mouisturizer setelah mencuci wajahmu. Pilihan lain adalah menggunakan petroleum jelly.

4. Tidur telentang atau gunakan sarung bantal khusus

Tidur di atas permukaan bantal yang kasar dapat mengiritasi kulit dan mengakibtakan kerutan. Jadi solusinya tidurlah secara terlentang.

Atau jika lebih suka tidur dengan posisi miring, bisa menggunakan bantal santin atau sutra untuk meminimalkan iritasi.

5. Tinggikan kepalamu saat tidur

Jadwal Imsak Hari Ini
Tidur Setelah Sahur / Sumber: iStockphoto

Meninggikan kepala telah terbukti membantu mengurangi mendengkur, refluks asam, dan semua masalah yang dapat mengganggu kualitas tidur, termasuk dapat membuat kulit menjadi sehat. Selain itu, hal ini dapat membantu mengurangi kantong dan lingkaran hitam di bawah mata.

Meninggikan kepala saat tidur bisa dengan cara sesederhana seperti menambahkan bantal tambahan.

6. Hindari matahari

Saat di pagi hari atau tidur siang usahakan untuk terhindar sinar matahari sebab akan berefek merusak kesehatan kulitmu. Belum lagi tidur di ruang terang dapat mengganggu ritme tidurmu.

Jadi sebaiknya, gunakan warna tirai yang cukup gelap. Itu dia beberapa trik kecantikan yang bisa dilakukan Sahabat Fimela untuk kulit yang lebih sehat. 

 

 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓