Kesalahan dalam Rutinitas Skincare yang Tak Disadari

fitriandiani03 Jul 2019, 20:30 WIB
Skincare

Fimela.com, Jakarta Pentingnya merawat kulit dengan skincare harus diimbangi dengan pengetahuan teknik pengaplikasian yang tepat. Sebab, pengaplikasian skincare yang salah membuatnya tidak bekerja dengan optimal dalam merawat kulit.

Skincare yang kamu pakai tidak memberi hasil yang signifikan pada kulit? Bisa jadi, karena kamu salah menerapkannya.

Melansir dari HudaBeauty, cek di bawah ini kesalahan skincare yang tak disadari sering dilakukan.

Kesalahan dalam Rutinitas Skincare yang Tak Disadari

Skincare/mlg
Ilustrasi pelembap wajah/copyright shutterstock

1. Menggunkan terlalu sering

Menggunakan lebih sering atau lebih banyak, tidak selalu memberi hasil lebih. Contoh, kandungan AHA yang berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit dan membuatnya tampak lebih cerah. Menggunakan beberapa produk mengandung AHA sekaligus atau memakainya sesering mungkin justru akan merusak skin barrier dan memicu breakout. Semakin 'kuat' kandungan skincare-mu, semakin sedikit dosis penggunaannya.

2. Mengabaikan leher

Salah satu bagian tubuh yang cepat menunjukkan tanda penuaan adalah leher, tapi leher justru paling sering dilupakan. Mulai sekarang, jangan hentikan pengaplikasian skincare-mu di wajah, tapi teruskan sampai ke collarbone agar kulit di bagian sana juga terlindungi dan mendapat manfaat yang sama seperti wajah.

Dukungan dengan Perawatan dari Dalam

Minum Air Putih
Ilustrasi Minum Air Putih/copyright shutterstock.com

3. Tidak menerapkan dengan tepat

Tidak semua skincare memiliki kadar kepekatan yang sama, dan ini membuat urutan pengaplikasiannya berbeda antara satu dengan lainnya. Mulailah dari yang bentuknya paling cair sampai ke yang paling pekat. Layering yang tepat akan membuat kandungannya bekerja optimal.

4. Kurang minum

Seberapapun rajinnya kamu merawat kulit dengan rangkaian produk skincare, tanpa minum air putih yang cukup semua tidak akan ada artinya. Semakin tercukupi kebutuhan air dalam tubuhmu, semakin baik penampakan kulit di luar.

Lindungi dengan Sunscreen

Sunburn/sunscreen
Ilustrasi sunburn/sunscreen. (Foto: shutterstock.com)

5. Tidak pakai sunscreen

Masalah penuaan pada kulit sebagian besar disebabkan oleh bahaya matahari. Tapi, semua itu bisa dicegah dengan penggunaan sunscreen yang berkualitas dan konsisten. Aplikasikan sunscreen dan diamkan selama 20 menit sebelum melapisinya dengan makeup.

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓