8 Panduan Lengkap Merawat dan Menata Rambut Bergelombang

Annissa Wulan17 Jul 2019, 16:00 WIB
Ilustrasi Rambut

Fimela.com, Jakarta Rambut bergelombang memang memiliki tantangan tersendiri dalam proses perawatan dan penataan. Karena teksturnya yang tidak lurus dan tidak begitu keriting, kamu mungkin juga mengalami beberapa kesulitan ketika merawat dan menatanya.

J khawatir, dilansir dari purewow.com, Minggu (14/7/2019), berikut ini adalah panduan lengkap merawat dan menata rambut bergelombang. Penasaran?

1. Siapkan rambut dengan produk

Menambahkan tekstur rambut harus dilakukan sejak awal. Salah satu produk yang wajib kamu coba adalah mousse volumizing.

Taruh produk sebesar bola golf dan aplikasikan pada rambut basah. Sebelum menggunakan alat penataan rambut, jangan lupa berikan perlindungan yang diperlukan.

2. Mengeringkan rambut

Jika rambut sudah siap dikeringkan, atur suhu alat pengering rambut pada suhu terendah dan selalu arahkan alat ke bawah agar tidak membuat rambut kusut.

 

 

 

Menggunakan alat penataan dengan ukuran yang tepat

Ilustrasi rambut
Ilustrasi rambut. Sumber foto: pexels.com/Garon Piceli.

3. Gunakan alat dengan ukuran yang tepat

Untuk mendapatkan rambut bergelombang yang terbaik, gunakan alat penataan dengan ukuran yang tepat. Menggunakan ukuran alat penataan yang tepat akan membuat rambut tidak terlalu ikal, namun juga tidak terlalu longgar.

4. Memulai ikal di tempat tepat

Jika kamu ingin mendapatkan tampilan rambut bergelombang yang tidak terlalu formal, mulailah dari sekitar ketinggian mata atau tidak lebih tinggi dari bagian atas telinga.

Menghitung lingkaran ikal yang kamu buat

[Fimela] Sea Salt Spray
Ilustrasi rambut bergelombang | unsplash.com

5. Hitung lingkaran yang kamu buat

Semakin banyak kamu membuat lingkaran pada alat penataan, rambutmu akan tampak semakin ikal. Untuk rambut bergelombang yang santai, lingkarkan tidak lebih dari sekali atau dua kali.

6. Jangan membiarkan rambut terpapar panas terlalu lama

Setelah mendapatkan ikal yang diinginkan, pastikan untuk tidak menggunakan alat terlalu lama. Panas dari alat penataan dapat meninggalkan kerutan yang menakutkan pada rambut dan kerusakan jika dilakukan terus menerus.

Menyisir rambut

Efek tidak keramas setiap hari
Ilustrasi rambut sehat karena tidak keramas setiap hari. (Foto: unsplash.com)

7. Sisir

Setelah suhu pada rambut mulai mendingin, sisir dengan lembut untuk memecah tekstur ikal. Cara ini akan membantu mempertahankan gelombang rambut yang terbentuk.

8. Mengatur rambut dengan semprotan

Tidak selalu hairspray. Untuk gelombang rambut yang formal, kamu bisa menggunakan garam laut atau semprotan bertekstur kering.

Sedangkan untuk rambut dengan gelombang yang lebih kasual, semprotkan hairspray dari bagian tengah ke ujung rambut. Semprotkan dari jarak sekitar 6 inci dari kepala agar kamu tidak terlalu banyak menggunakan hairspray.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓