Berkenalan dengan Niacinamide, Vitamin Ajaib dalam Perawatan Kulit

Annissa Wulan29 Jul 2019, 09:00 WIB
Cantik

Fimela.com, Jakarta Mungkin kamu sudah sering mendengar tentang Niacinamide, namun pahamkah kamu apa manfaatnya? Niacinamide dikenal sebagai salah satu bahan dalam perawatan kulit yang dapat dimanfaatkan oleh hampir semua jenis kulit.

Dilansir dari newbeauty.com, Niacinamide adalah bentuk dari Niacin atau Vitamin B3 untuk mengatasi masalah kulit, seperti keriput, mempromosikan kesehatan kulit, dan memberikan manfaat anti inflamasi. Niacinamide biasanya digunakan untuk mengatasi masalah kulit, seperti rosacea dan jerawat.

Vitamin B, Vitamin B3, Niacin, dan Niacinamide sering digunakan secara bergantian dan meskipun saling berkaitan, semuanya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Vitamin B adalah salah satu dari 8 vitamin, Niacin adalah Vitamin B3, sedangkan Niacinamide adalah bentuk Niacin yang aktif secara biologis.

Vitamin B adalah koenzim Vitamin A yang dapat membantu metabolisme sel, sehingga ada sinergi yang kuat antara Retinol dan Niacinamide. Niacinamide termasuk pelindung penghalang kulit yang terbaik.

 

Manfaat Niacinamide untuk perawatan kulit

Kecantikan
Ilustrasi kecantikan/copyright shutterstock

Ceramide adalah lipid penting yang ditemukan di stratum corneum atau lapisan terluar kulit. Ini sangat penting untuk kesehatan kulit karena menyatukan sel-sel kulit.

Penghalang kulit berfungsi menjaga air di kulit dan menjaganya dari elemen lingkungan yang berbahaya. Seiring bertambahnya usia, kelembapan kulit akan menghilang dan penghalang kulit bisa terganggu, di sinilah fungsi Niacinamide untuk meningkatkan sintesis Ceramide yang memperkuat fungsi penghalang dan mencegah kehilangan air.

Berbagai penelitian juga menemukan bahwa Niacinamide dapat menenangkan kulit dan memiliki sifat antiinflamasi, bermanfaat untuk mengatasi rosacea. Niacinamide juga memiliki kemampuan untuk mengurangi hiperpigmentasi, karena menghambat transfer melanosom dari melanosit ke keratinosit.

Tidak hanya itu, Niacinamide juga memiliki efek mencerahkan dan terkenal digunakan untuk anti penuaan pada kulit. Apa kamu juga sudah sering menggunakan Niacinamide?

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓