Skincare dari Semangka, Efektifkah Merawat Kulit?

fitriandiani20 Agu 2019, 18:00 WIB
Semangka

Fimela.com, Jakarta Semangka menjadi primadona di dunia kecantikan selama musim panas. Mulai dari makeup bertema semangka sampai skincare dengan kandungan semangka 'bertebaran'.

Well, semangka yang terdiri dari 92% air memang sangat bagus dikonsumsi saat cuaca terik. Ia mampu menghidrasi tubuh dari dalam dan memperlihatkan efeknya di kulit.

Selain itu, semangka juga mengandung bermacam vitamin seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan antioksidan. Tapi, bagaimana bila semua manfaat semangka itu dimanfaatkan secara topikal dalam bentuk skincare? Apakah tetap efektif untuk merawat kulit?

Efektivitas Semangka dalam Merawat Kulit Bila Digunakan dalam Bentuk Skincare

5 Tahap Facial dengan Semangka yang Tak Menyakitkan
Hilangkan komedo tak melulu harus dengan proses ekstraksi yang menyakitkan, coba saja ikuti langkah-langkah berikut ini. (Foto: unsplash.com)

Melansir dari situs Essence.com, dermatologis asal New York Rosemarie Ingleton, M.D., mengatakan kandungan semangka dalam skincare bisa menawarkan manfaat seperti menghidrasi, perlindungan antioksidan, dan eksfoliasi ringan.

"Antioksidan bermanfaat bagi kulit dengan mengurangi pembentukan radikal bebas serta memperlambat proses penuaan. Vitamin A membantu menstimulasi kolagen, sehingga dapat mengurangi munculnya keriput," ujar dr. Rosemarie, dikutip dari Essence.com.

Nutrisi dalam Semangka yang Bermanfaat Bagi Kulit

[Fimela] Masker Semangka
Masker Semangka | unsplash.com

Para ahli, sebagaimana dikutip dari Essence.com, menjabarkan nilai nutrisi dalam semangka, persentase diambil dari Referensi Asupan Harian (US)

  • Vitamin C: 21% - mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, memudarkan bintik hitam atau noda di wajah.
  • Vitamin A: 18% - mengandung retinol dan retinoid yang mempromosikan kolagen kulit dan elastin, juga mengecilkan pori-pori.
  • Kalium: 5% - menjaga sel kulit tetap terhidrasi dan mendorong pertumbuhan sel baru.
  • Magnesium: 4% - mengurangi peradangan dan jerawat yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon.
  • Vitamin B1, B5, dan B6: 3% - menetralkan racun berbahaya yang menyebabkan penuaan, menyerap kelembapan agar kulit tetap terhidrasi.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓