Ini Teknik Pengaplikasian Makeup Baking pada Wajah yang Tepat

Meita Fajriana22 Agu 2019, 19:30 WIB
Makeup

Fimela.com, Jakarta Proses makeup mengharuskan kita mengaplikasikan berbagai produk pada wajah secara bertahap. Namun apabila tidak berhati-hati, proses yang dilakukan secara layering ini bisa membuat makeup terlihat cakey.

Lantas apa yang harus diakukan agar makeup terlihat mulus dan tanpa terlihat cakey? Salah satu teknik pengaplikasian makeup yang bisa dicoba yaitu baking.

Baking adalah teknik pengaplikasian makeup yang dapat membantu mewujudkan hasil riasan terlihat lebih halus dan sempurna. Pada dasarnya proses baking adalah mengunci produk makeup yang sudah diaplikasikan dengan bedak tabur. Hal ini dilakukan agar produk makeup yang sudah diaplikasikan tidak mudah luntur. Selain itu, teknik ini juga dapat membantu untuk membuat produk makeup melekat pada permukaan kulit sepanjang hari.

Bila teknik makeup baking dilakukan dengan cara yang tepat, hal ini dapat membantu menyamarkan pori-pori wajah yang membesar. Dengan menggunakan bedak tabur yang dibiarkan sesaat berada pada permukaan kulit, akan mengunci keseluruhan produk makeup secara maksimal.

Jika ingin tampil dengan hasil makeup yang maksimal sepanjang hari, yuk kita coba aplikasikan teknik baking ini. Berikut langkah-langkahnya seperti yang dilansir dari situs Boldsky, Kamis (22/8/2019).

Bahan yang dibutuhkan:

- Bedak tabur

- Beauty blender yang sudah dibasahi

- Kuas makeup berukuran besar

Langkah-langkah makeup baking:

1. Oleskan makeup dasar

Makeup dasar adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum melakukan teknik baking pada wajah. Mulailah dengan mengaplikasikan foundation dan concealer pada wajah. Oleskan concealer di bawah mata dan ratakan dengan baik. Kemudian, tambahkan bedak tabur untuk mengunci concealer tetap pada tempatnya.

 

Mengaplikasikan teknik makeup baking

Makeup baking pada wajah
Makeup baking pada wajah. (Photo by Lucas Lima from Pexels)

2. Celupkan sponge beauty blender ke dalam bedak tabur

Aplikasikan bedak tabur kembali dengan menggunakan sponge beauty blender yang sudah dibasahi. Jangan tanggung, ambil dalam jumlah yang banyak agar hasilnya lebih maksimal.

3. Baking 

Sampai pada bagian utama yaitu baking. Setelah mengaplikasikan lapisan tebal bedak tabur di bawah mata dan dagu pada step kedua, gunakan ujung runcing beauty blender untuk meratakannya. Kamu juga dapat menggunakan kuas atau spons apa saja untuk baking. Ingatlah untuk melapisi bedak tabur dalam jumlah yang tepat pada area yang ditentukan.

 

Teknik makeup baking pada wajah

Makeup baking pada wajah
Makeup baking pada wajah. (Photo by NIX PHOTO from Pexels)

4. Tunggu beberapa saat

Setelah mengaplikasikan bedak tabur, biarkan setidaknya 5-10 menit agar proses baking berjalan maksimal. Jika dilakukan secara tepat, ini akan membuat hasil riasan makeup terlihat lebih maksimal, dan mulus tanpa takut retak.

5. Bersihkan setelah baking

Langkah terakhir yaitu membersihkan bedak tabur pada bawah mata dan dagu. Ambil kuas makeup yang besar dan halus. Kemudian sapu are bawah mata dan dagu untuk membersihkan sisa bedak tabur. Akhiri tampilan dengan beberapa semprotan setting spray sehingga makeup terlihat menyatu.

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓