Waspadai Akibat yang Terjadi Pada Kulit Jika Mandi dengan Air Hangat

fitriandiani28 Agu 2019, 16:00 WIB
Ilustrasi mandi dengan shower

Fimela.com, Jakarta Air hangat merupakan penyelamat bagi tubuh yang lelah. Usai beraktivitas padat seharian, mandi dengan air hangat sebelum tidur akan membantu kita kembali rileks. Sayangnya, air hangat bukan sahabat yang baik bagi kulit.

Baiknya kamu tidak bergantung pada cara yang satu ini dalam mengatasi lelah atau stres. Sebab, akibat yang diterima kulit jika sering mandi air hangat tidak main-main.

Melansir dari StyleCraze, inilah yang akan terjadi pada kulitmu jika mandi air hangat.

1. Iritasi

Tubuh rileks, tapi kulit iritasi. Untuk apa? Kulit wajah memiliki pembuluh darah yang amat tipis di bawahnya. Jika air bersuhi tinggi masuk ke pori-pori, kulit akan jadi super sensitif. Akibatnya mungkin wajah akan kemerahan, juga memperburuk jerawat dan eksim.

2. Menghilangkan minyak alami

Kulit Wajah
Ilustrasi kulit wajah/copyright shutterstock

Seperti yang kita ketahui, kulit memproduksi minyak alami yang berguna menjaga keseimbangannya. Temperatur air yang tinggi akan mengikis minyak alami tersebut dan membuat kulit kering. Kulit juga bisa tambah berjerawat jika ini terjadi.

3. Keriput dan penuaan

Berlanjut dari kulit yang kering, proses pembentukan kolagen dan sebum pun akan terganggu. Padahal dua hal itu penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan kencang. Jika tidak terjaga, keriput dan penuaan akan segera hadir!

4. Membuka pori-pori

Untuk membersihkan kulit, membuka sedikit pori-pori agar kotoran terangkat optimal memang perlu. Namun paparan suhu air tinggi yang intens akan menimbulkan kondisi permanen sehingga kulitmu jadi lebih rentan dihinggapi oleh zat-zat yang tidak perlu.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓