Cegah dan Atasi Jerawat dengan Masker Wajah, Bisa?

Karla Farhana09 Sep 2019, 20:30 WIB
[Fimela] Face Mask

Fimela.com, Jakarta Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat menyebalkan. Bukan hanya pada saat jerawat meradang dan menyebabkan rasa sakit serta rona merah pada kulit, tetapi juga luka bekas jerawat yang sulit hilang. Spot treatment dan pembersih wajah yang mampu membersihkan pori-pori menjadi dua skincare andalan bagi perempuan berjerawat. 

Namun, pre-bed mask yang dilakukan seminggu atau dua kali seminggu ternyata juga bisa mencegah, membantu mengurangi peradangan bahkan menghilangkan jerawat. Pasalnya, masker wajah untuk jerawat memberikan dan mengunci jerawat yang masih aktif dengan bahan-bahan yang memiliki khasiat calming. 

Sehingga, tulis Women's Health Magazine, masker wajah dapat membuat jerawat tetap berada di area tersebut sekaligus membersihkan kulitmu. Tapi, tidak semua masker wajah dapat melakukan hal ini. 

Sahabat Fimela tentu saja harus memilih sheet mask atau wash-off mask yang memang dapat calming kulit wajah serta mengurangi peradangan akibat jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih masker wajah yang tepat untuk kulit berjerawat? 

Pilih Masker yang Tepat

Kecantikan
Ilustrasi kecantikan pakai masker wajah (iStockphoto/diego_cervo)

Menurut dermatologist dan intruktur klinik di Mount Sinai Icahn School of Medicine di New York, Melissa Kanchanapoomi Levin, MD, masker wajah untuk kulit berjerawat harus memiliki kandungan beta hydroxy acids (BHAs) seperti salicylic acid, yang mampu menghilangkan sebum berlebihan yang diproduksi kulit, serta mengangkat sel-sel kulit mati penyumbat pori-pori kulit yang jadi salah satu penyebab jerawat. 

Selain itu, Alpha hydroxy acids (AHAs) seperti glycolic dan lactic acid juga yang tidak hanya membantu menghilangkan jerawat aktif tetapi juga blackhead tanpa menimbulkan iritasi kulit. Namun, menurut Melissa, kesalahan dalam menggunakan masker wajah pun juga bisa menimbulkan jerawat atau memperburuk kondisi kulit. 

Gunakan Masker Wajah untuk Kulit Berjerawat dengan Benar

Ilustrasi masker wajah
Ilustrasi masker wajah. Sumber foto: unsplash.com/Isabell Winter.

Mengatasi jerawat dengan metode ini tidak selalu berhasil. Menurut Melissa, biasanya cara ini tidak berhasil bukan karena kualitas masker yang digunakan buruk, tetapi cara penggunaannya yang keliru. 

Sering kali orang menggunakan masker pada wajah yang belum benar-benar bersih. Ini bisa memperparah kondisi kulit. Dengan kata lain, tulis Women's Health Magazine, kamu sebaiknya menggunakan masker bilas atau peel off, atau sheet mask setelah kulit wajah bersih. 

Diamkan selama 10-15 menit, jangan lebih. Karena pori-pori tidak bisa bernapas dan ini justru akan memperparah kondisi kulit dan jerawat. Selain itu, jangan menggunakan active ingredients terlalu sering. Gunakanlah sekali hingga 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓