Bukan Ketombe, Ikuti Tips Menghilangkan Rasa Gatal di Kulit Kepala

Karla Farhana16 Sep 2019, 11:30 WIB
[Fimela] Rambut

Fimela.com, Jakarta Ketombe kerap kali menjadi salah satu penyebab kulit kepala gatal. Namun, ketombe bukan satu-satunya penyebab. Pasalnya, ada begitu banyak alasan kenapa kulit kepalamu bisa gatal meski tidak ada ketombe. 

Dilansir dari Style Craze, kulit kepala yang kering dan kurang hidrasi merupakan salah satu penyebab kulit kepala gatal. Kondisi kulit kepala yang kering kadang bisa sampai terkelupas. Tidak jarang, kulit kepala tersebut dikira ketombe. 

Lantas, bagaimana mengatasi kulit kepala yang gatal tanpa ketombe? Women's Health Magazine menulis, ada beberapa cara untuk mengatasi kulit kepala yang gatal. 

Minyak kelapa

Cara Mencerahkan Wajah Kusam dengan minyak kelapa
Cara Mencerahkan Wajah Kusam dengan minyak kelapa (sumber: istockphoto)

Penyebab kulit kepala gatal adalah kulit yang kering. Semakin kulit kering akan semakin gatal. Karena itu, kamu hanya membutuhkan moisturizer untuk membuat kulit kepala lebih lembap. 

Caranya mudah, kamu hanya tinggal memijat kulit kepala menggunakan minyak tersebut selama beberapa menit. Lakukan hal ini sebelum tidur seminggu sekali. 

Gunakan Cuka Apel

cuka apel
ilustrasi cuka apel/copyright Rawpixel

Cuka apel juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. Pasalnya, cuka apel mengandung anti bakteri yang anti jamur yang berfungsi mengurangi bakteri serta jamur penyebab kulit kepala gatal. 

Cara menggunakannya, campurkan 2 sdm cuka apel ke dalam air secukupnya. Siram kulit kepala dan rambut dengan campuran air tersebut setelah keramas. Jangan dibilas. 

Semoga dua cara itu membantu mengurangi dan mengatasi gatal di kulit kepalamu, ya. Namun, jika gatal bertambah parah, kamu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓